Apa itu Charger Doctor USB?

Charger Doctor USB atau USB Charger Tester atau Current Voltage and Ampere Meter adalah sebuah alat untuk mengukur tegangan (volt) dan arus (ampere) pada sebuah Charger/power adapter dengan output USB.

Charger Doctor

Sebenarnya ada beberapa jenis alat pengukur Voltage & Ampere. Di foto itu yang saya punya dan saya gunakan. Spesifikasi nya masih jadul:

  • Voltage range: 3.5V-7.5V
  • Ampere range” 0A-3A

Catatan: Apabila menampilkan voltase 7.49V berarti itu bisa jadi diatas 7.5V bisa 9V atau 12V pada saat mengukur charger Quick Charge. Yang model barunya bisa sampai 10A. Atau mungkin juga ada yang lebih bagus lagi dari charger doctor jenis ini.

Berikut foto ketika ngecas dengan charger dan HP yang mendukung Quick Charge

Saat ngecas kita bisa tahu output voltase Charger.

Dan juga seberapa besar Ampere yang disalurkan.

Fungsi Charger Doctor

Fungsi alat tersebut ya hanya menampilkan Voltase dan Ampere secara bergantian ketika kita sedang ngecas. Alat tersebut kita pasang seperti pada foto (Power Adapter > Charger Doctor > Kabel Data > Smartphone/perangkat lain), lalu akan menampilkan voltase dan ampere secara bergantian dan dinamis (naik turun angkanya).

Dari data yang ditampilkan oleh alat tersebut kita bisa mendiagnosa apabila terjadi masalah pada saat ngecas. Kita bisa tahu kerusakan atau kejanggalan baik pada charger maupun pada kabel. Alat ini bisa dipakai ke semua slot USB, jadi bukan hanya charger HP, tapi bisa ke port laptop, dll.

Contoh Kasus

Beberapa kasus yang pernah saya alami diantaranya:

Charger ori normal. Biasanya untuk charger ori, normal, dan bagus, voltase nya itu cenderung stabil. Pada saat kita tes dengan charger doctor akan menampilkan voltase yang naik turun-nya tidak terlalu jauh, misal charger 5V maka akan menampilkan antara 4.9V 5.05V, gejolaknya hanya sedikit.

Charger KW tanpa proteksi lonjakan tegangan. Waktu itu saya pernah menggunakan charger iPhone KW, kata penjualnya sih original. Memang secara fisik sangat mirip dengan ori tapi ketika saya tes pake Charger Doctor voltasenya naik-turun sangat jauh kadang naik hingga 5.4V. Charger yang naik turunnya terlalu besar ini bisa jadi karena tidak ada over voltage protection didalamnya.

Kabel KW abal-abal memperlambat ngecas. Ini bermanfaat juga untuk menguji kualitas kabel data. Ada kabel data yang murah tapi bagus, yang dapat menyalurkan ampere yang besarnya sama dengan kabel ori bawaan. Tetapi ada juga kabel abal-abal asal murah yang menyalurkan ampere lebih rendah dari kabel ori bawaan. Itu membuat ngecas jadi tambah lama.

Ngecas dengan charger Ampere besar akan mempercepat pengisian baterai? Belum tentu! Ya ada sebagian orang beranggapan bahwa kalau ngecas dengan charger yang ampere-nya lebih besar maka pengisian baterai akan lebih cepat. Ternyata tidak benar sepenuhnya, hal itu tergantung si HP nya juga, kalau HP nya hanya mendukung 1A maka charger 2A tidak akan mempercepat pengisian baterainya.


Ngecas dari Laptop/PC lebih lambat. Ya ternyata dengan alat ini bisa kita lihat bahwa ampere yang dikeluarkan dari port USB laptop/PC ternyata maksimal hanya 0.5A, makanya akan lambat ngecasnya.

Deteksi Fast Charging. Dengan alat ini kita juga bisa melihat fast charging saat aktif. Untuk Quick Charge itu biasanya terlihat voltase diatas 5V, bisa 9V hingga 12V. Atau Dash Charge dengan ampere yang bisa mencapai 3A hingga 5A.

Charger mati atau Kabel rusak. Kita juga bisa tahu ketika HP tidak mau mengisi pada saat kabel dan charger sudah dicolok. Kalau charger rusak/mati biasanya tidak nyala charger doctor saat dicolok ke charger. Kalau kabelnya yang mati/rusak biasanya charger doctor nyala dan menampilkan voltase normal, tapi ampere 0. Tapi kalau kabel dicolok ke HP lain normal, bisa jadi HP nya yang rusak.

dll.. silahkan eksplor sendiri..

Kesimpulan

Jadi fungsi utama dari charge doctor adalah alat bantu untuk mendiagnosa masalah charger. Cocok untuk para teknisi. Tapi bagi pengguna biasa seperti saya sih asik juga bisa menambah banyak ilmu, jadi tau mana power adapter/kabel yang bagus dan mana yang harus dihindari untuk keselamatan dan keawetan perangkat mobile kita.

Nah itulah sekilas tengang USB Charger Doctor, sekarang Anda sudah faham kenapa pengguna ponsel pintar/perangkat mobile harus punya alat ini. Alat kecil dan sederhana ini banyak manfaatnya, harganya juga murah hanya sekitar Rp. 50rb, jadi layak untuk dibeli.

Sumber http://www.elppas.com/