Beberapa hari ini add-ons andalan saya iMacros tidak berfungsi di Firefox. Setelah saya cek di halaman Add-Ons Firefox (Ctrl+Shift+A) ada beberapa add-ons yang berlabel kuning dengan tulisan “LEGACY“, apakah karena ini iMacros saya jadi tidak jalan di Firefox? Tapi add-ons lain yang ada tulisan LEGACY ada yang tetap masih berfungsi? Jadi kenapa?

Ya sudah lah, kita bahas saja soal “legacy” ini, karena ini hal baru yang mungkin kedepan akan sering kita lihat di add-ons Firefox, tepatnya 14 November 2017 ketika Firefox 57 akan dirilis.

Apa itu Label Kuning LEGACY?

Kita tahu Add-ons dapat menambahkan fitur dan fungsi ekstra untuk Firefox, memodifikasi antar muka dan tampilan Firefox. Ada banyak tipe add-ons tapi extensions merupakan yang paling umum. Siapapun dapat membuat extension dan membuatnya tersedia untuk di diownload.

Pada sebelumnya, ekstension seringkali berhenti bekerja setiap kali versi baru Firefox dirilis, karena developers harus memperbaruinya setiap enam minggu untuk tetap compatible. Sejak extensions juga dapat memodifikasi kode internal Firefox secara langsung, maka hal itu memungkinkan para pembuat ekstension memasukan kode “berbahaya” (seperti memasukkan malware, merubah setting search engine, dan hal lain yang bisa menganggu pengguna) pada extension yang tampak baik.

Untuk mengatasi masalah ini, dan bagian dari pemutakhiran Firefox secara keseluruhan, pengembang browser ini beralih ke framework baru untuk pengembangan extension Firefox. Kedepannya Anda masih bisa menggunakan extensions tetapi dengan standar baru yang lebih aman dan lebih baik di rilis baru Firefox.

Catatan: Mulai pada Firefox 57, yang akan dirilis pada November 2017, hanya extensions yang dibuat dengan teknologi baru ini yang akan berfungsi di Firefox. Add-ons yang komplatibel akan diberi label “Compatible with Firefox 57+” pada addons.mozilla.org (AMO). Extensions yang dibuat dengan teknologi lama akan diberi label “Legacy” di tab Add-on Manager (about:addons).

Solusi?

Perlu Anda ketahui bahwa kebanyakan developers sedang dalam proses update ke format baru yang kompatibel. Ketika mereka telah selesai melakukan transisi, extension Anda akan otomatis memperbaruinya dan Anda tidak perlu melakukan apapun selain menunggu update dari developers.

Jika Anda menggunakan add-ons legacy (jadul) dan ingin mencari alternatif apabila developernya tidak memperbarui sehingga tidak kompatibel dengan Firefox 57, gunakan extension finder utility tuntuk mencari extension serupa yang bisa menggantikan extension lama.

Untuk penggunaan iMacrso sementara di Firefox tidak jalan, saya pribadi pindah browser dulu menggunakan Chrome, kebetulan iMacros juga ada untuk Chrome.


Sumber http://www.elppas.com/