Apa Itu USB Type C? Konektor Masa Depan Pengganti Micro USB/HDMI/dll?

0
289

USB Type C Menurut Wikipedia

USB Type-C, atau sering disingkat USB-C saja adalah spesifikasi USB untuk sebuah konektor 24-pin yang bisa dibolak-balik untuk keperluan transfer data dan pengisian baterai.

Spesifikasi USB Type-C versi 1.0 pertama kali diterbitkan oleh USB Implementers Forum (USB-IF) dan diselesaikan pada Agustus 2014. USB Type-C dikembangkan kurang lebih pada waktu yang sama dengan spesifikasi USB 3.1.

Jika sebuah perangkat menggunakan konektor USB Type-C, maka bukan berarti bahwa perangkat tersebut mendukung USB 3.1 dan/atau USB Power Delivery.

Konektor Masa Depan?

Jika Anda amati, komputer dan ponsel Anda memiliki dua konektor yang berbeda, lalu printer juga menggunakan konektor yang berbeda, mungkin juga kamera Anda memiliki konektor berbeda.

Mulai sekarang dan kedepan cepat atau lambat semua itu akan berakhir dan sebagai gantinya USB Type C akan menjadi konektor tunggal yang merajai.

Satu Kabel Untuk Semua!

Ujung USB standar (termasuk Apple lightning).

Tipe C adalah konektor, sedikit lebih besar dari konektor Micro USB dan kedua ujungnya sama. Tidak seperti USB biasa, Type C bisa dipasang dengan cara bolak balik seperti Apple Lightning.

Tipe C Membuka Pintu Untuk Semua.

Perincian penuh pada pin di dalam kabel Tipe C, perhatikan simetri antara bagian atas dan bawah, jadi bisa dipasang bolak-balik

Type C mendukung USB 3 untuk transfer data lebih cepat, juga menggunakan 24 pin ini untuk menawarkan komunikasi terpadu di seluruh perangkat. Selain itu juga mampu mendukung power hingga 100W.

Bayangkan sebuah komputer dan ponsel yang menggunakan kabel yang sama untuk terhubung dengan mouse dan sama juga kabelnya untuk ngecas laptop, Anda tidak memerlukan charger khusus laptop yang ujungnya bulat atau persegi panjang, Type C akan menggantikan semuanya.

Kabel HDMI bagus, tapi kemungkinan besar akan terancam punah dan digantikan dengan Type C. Sehingga nanti Anda bisa menghubungkan ponsel ke TV. Baik koneksi HDMI dan VGA akan dapat diganti dengan Type C.

Siap Untuk Type C? Saya sih sudah tidak sabar, semoga semua perkabelan yang bermacam-macam dan berbelit-belit, dan besar-besar itu segera diganti dengan kabel Type-C! Dan juga cukup satu charger untuk semua perangkat baik laptop maupun ponsel.
Sumber http://www.elppas.com/