Ketika baterai iPhone 8 Plus kamu sudah drop, cepat habis, atau mungkin kembung, saatnya kamu mengganti baterai. Cara mengganti baterai iPhone 8/8 Plus kurang lebih sama dengan mengganti baterai iPhone 7.

Jadi pembahasannya akan kita singkat saja. Tapi kita bahas dulu baterainya dan obeng tool kits nya.

Baterai iPhone 8/8 Plus

Berikut spesifikasi baterai iPhone 8 dan 8 Plus:

  • Tipe: Li-ion Battery
  • Voltase: 3.82V
  • Watthour: 6.96 Wh/10.28 Wh
  • Kapasitas: 1821 mAh/2691 mAh 

Belinya di mana? Untuk yang pasti original harus beli di Authorized Apple Service Provider (AASP) dan baterai tidak dijual dalam arti tidak bisa beli baterainya saja, tapi harus diganti langsung di situ oleh teknisinya. Harganya mahal, bisa diatas Rp. 700rb

Yang non-ori mungkin banyak dijual di toko-toko (offline) atau di marketplace (online). Walaupun mungkin ada penjual yang bilang ori, itu biasanya hanya berdasarkan kemiripan saja. Yang dibilang ori itu sebenarnya hanya dari kemiripan dan kapasitas baterai saja. Yang 100% ori biasanya hanya lewat AASP.

Obeng dan Tools Kits untuk Bongkar iPhone 8/8 Plus

Untuk bongkar iPhone 8/8 Plus kamu harus punya obeng dan tools kit sbb:

  • Obeng Pentalobe P2 atau bintang 5 ukuran 0.8mm
  • Obeng phillips #000 atau plus ukuran 1.0 .15mm
  • Obeng tri-point #000 atau Y ukuran 0.6mm
  • iOpener atau hairdrayer
  • iSclack atau Suction Cup
  • Opening picks
  • Pinset
  • Spudger

Ok, setelah baterai dan perkakasnya siap.. langsung kita bongkar..

Membuka LCD iPhone 8/8 Plus

Hal pertama yang harus dilakukan tentu mematikan (turn off) iPhone nya dulu. Lalu buka dua buah sekrup pentalobe dengan obeng ukuran P2.

Panaskan bagian bawah LCD dekat home button dengan iOpener/hair drayer untuk melelehkan perekat (yang berfungsi sebagai segel anti air) agar lebih mudah dibuka.

Setelah itu angkat LCD bagian bawah dekat home button dengan iSclack atau Suction Cup dan masukkan opening pick di celahnya dan geser ke seluruh sudut untuk memisahkan LCD dari body.

Setelah sekeliling LCD dan body terpisah, kamu bisa membuka LCD iPhone dari sebelah kiri, karena di kanan ada kabel flexible dari LCD assembly ke motherboard. Jadi hati-hati bukanya.

Setelah itu kamu bisa lepas empat sekrup plat yang menutup konektor LCD dan konektor baterai dengan menggunakan obeng phillips #000 atau obeng plus ukuran 1.0 1.5mm.

Selanjutnya buka semua konektor di bawah plat tersebut dengan menggunakan spudger.

Lalu di bagian atas kanan ada 2 buah sekurp yang harus kamu buka juga dengan menggunakan obeng tri-point Y000 atau 0.6mm. Liat aja skrup nya Y atau +.

Dan lepaskan kabel flexible kamera depan dan sensor. Shingga kamu bisa melepaskan LCD assembly dari body iPhone.

Membuka Baterai iPhone 8/8 Plus

Baterai iPhone 8/8 Plus original biasanya menempel ke body. Kalau pas di buka ternyata udah gak ada perekatnya berarti iPhone kamu udah pernah ganti baterai sebelumnya atau refurbish.

Untuk melepasnya ada 4 tab di ujung atas dan bawah.

Korek dengan pinset atau pake kuku jari, lalu tarik secara datar jangan sampai putus sampai habis, karena kalau putus nanti susah buka baterainya.

Setelah perekatnya terlepas, kamu bisa ganti baterai dengan yang baru. Good luck!

Source.
Sumber http://www.elppas.com/