Kisah nyata, pengalaman pribadi, dulu pas awal-awal jualan olnline semasih jamannya Kaskus dan Tokobagus saya pernah jualan barang aksesoris HP charger dan kabel data iPhone 4/5 KW tapi saya bilang original.. Tapi, tapi, tapi perlu dicatat! Waktu itu saya tidak ada niat jahat atau niat menipu, hal itu terjadi murni karena ketidaktahuan saya!

Supplier saya bilangnya ori, ya saya sebagai pemain pemula percaya-percaya saja. Dengan harga yang murah dan dilabeli ori tentu jualanpun lancar jaya, terjual puluhan pcs dan tidak ada masalah.

Rambu-Rambu Tuhan

Tapi suatu ketika pembeli saya adalah orang yang faham, mampu membedakan mana yang ori mana yang KW, tapi orangnya baik dan saya pun diajarai begini begitu, ciri-cirinya ini dan itu. Ya waktu itu pengetahuan saya mulai bertambah, saya anggap ini rambu-rambu dari Tuhan.

Jadi saya STOP disitu dan akhirnya nyari barang yang sesuai ciri-ciri ori. Seaching-searching di Google dan akhirnya ketemu Sunsky dan Aliexpress.

Ternyata disitu memang banyak yang jual dari mulai barang KW murah banget, “OEM” yang kualitas sedang, dan “Original” yang maksudnya kualitas dan ciri-cirinya sama persis dengan yang aslinya.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video yang saya buat ini.. (maaf suaranya kurang jelas karena waktu itu, awal-awal bikin video masih newbis, shoot pake HP):

Bisa dilihat disitu perbedaan barang KW, “OEM”, dan “ORI”

  1. KW, sangat jelas dari fisik build quality rendah, luar dan jeroan kabel standar, mudah rusak.
  2. “OEM”, biasanya sebutan untuk kelas menengah dimana fisiknya sudah mirip diatas 90%
  3. “ORI”, sangat mirip 99%, hampir semua orang setuju bahwa ini memang benar-benar original.
  4. Ori Apple/Samsung, biasanya cuma dijual di toko resminya. Apple punya Athorized Reseller seperti iBox, EMAX, Zoom, dll. Samsung juga ada toko-toko resminya, pasti dijamin ori 100%.

Sejak tahu bahwa yang 100% original biasanya hanya dijual di toko-toko resmi merk tersebut. Jadi yang ori 100% itu, untuk brand Apple, biasanya hanya dijual di Authorized Reseller-nya.

Kalau begitu yang jual aksesoris Apple di marketplace seperti Bukalapak/Tokopedia/Lazada? Silahkan cari tahu sendiri aja, saya tidak bisa menggeneralisir bahwa semua barang disitu ori-orian, karena pengetahuan saya terbatas. Bisa saja ada yang memang punya link ke Authorized atau gimana, entahlah.

Yang pasti saya pribadi menghindari jualan barang seperti itu. Saat ini Elppas lebih memilih menjual aksesoris pihak ke-3 yang kualitanya setara original.

Contohnya Aaukey, Tronsmart, Anker, dan sejenisnya. Dengan harga yang relatif lebih murah dari charger dan kabel data resmi, tapi kualitas dan teknologinya setara atau bahkan lebih bagus dari charger bawaan.

Lebih Dari 90% Orang Tidak Bisa Membedakan Barang KW/”OEM” vs ORIGINAL

Faktanya memang bahwa 90% orang sebenarnya tidak bisa membedakan yang mana yang palsu dan asli! Ya, pasti lah tidak semua pengguna iPhone/Android itu orang yang ngerti teknologi, lebih banyak orang awam yang cuma bisa make.

Dan kebanyakan orang juga rata-rata pengen ori tapi murah, ya sudah cocok disitulah mereka akan terjebak. Yang beli pengen murah, yang jual pengen laku, maka beredarlah barang-barang “aspal” tersebut.

Akhirnya kecewa sendiri deh..

Minimal gunakanlah logika, jaman now, mana ada barang ori charger + kabel data harganya cuma sekitar 45rb-an.

Barang KW/”OEM” dijual Original Laku dan Terus Laku

Yup, seperti yang sudah saya katakan diatas, karena kebanyakan orang memang tidak melek teknologi jadi produk-produk KW yang dibilang original akan tersus bertumbuh kembang.

Review barang aspal tidak akan jelek selama orang-orang belum melek teknologi dan hanya mencari harga murah tapi pengen ori.

Silahkan Anda lihat di merketplace-marketplace, banyak barang KW dijual Orginila tapi reviewnya 4 atau 4,5 keatas.

Terakhir..

Saya tiak akan menyalahkan siapa-siapa.. lebih baik menjadi bahan introspeksi diri saya sendiri aja, untuk menjadi pembeli yang pintar, dan menjadi penjual yang amanah karena jualan adalah kegiatan yang dibayar untuk membantu orang mendapatkan solusi.

Kalau mau cari murah tapi bagus ya pilih yang 3rd-party (pihak ketiga), atau kalau mau murah tapi serupa original, ya pintar-pintar saja memilih barang yang memang grade-nya selevel ori, jangan ambil yang grade KW-nya karena bisa berdampak buruk untuk gadgetnya.

Sekian cerita pengalaman saya. Semoga bisa diambil hikmahnya. Like dan share jika bermanfaat!
Sumber http://www.elppas.com/