Tidak seperti biasanya yang menggunakan port khusus untuk Nintendo. Nintendo Switch menggunakan port USB-C yang sudah sangat umum untuk mengisi daya. Spesifikasi adaptor AC standar yang disertakan dalam kemasan adalah 5V-15V 2.6A (maks. 39 watt).

Kali ini Elppas akan berbagi info mengenai charger yang bisa digunakan untuk Nintendo Switch sebagai cadangan atau mungkin sebagai pengganti jika charger bawaan rusak atau hilang.

Nintendo Swtich di cas dengan charger Apple 12W. Pic by Clumsy Croatia

Memilih charger alternatif dan power bank yang handal untuk Nintendo Switch yang akan mengisi baterai sambil bermain ditentukan oleh dua pertanyaan berikut:

  1. Berapa banyak daya yang digunakan Nintendo Switch dari charger Anda?
  2. Berapa banyak daya yang digunakan Nintendo Switch saat bermain?

Sebuah strees test dilakukan dalam sebuah video yang diunggah ke Vimeo menunjukan bahwa saat bermain game Nintendo Switch menguras daya paling tinggi sebesar 8.75 watt!

Pada video tersebut Nintedo Switch tidak mengambil daya maskimal yang didukung charger. Pada charger 5V 2,4A (12W) hanya akan menyalurkan 1.5W ke Switch dan charger USB-C 5V 3A (15W) hanya mengirim sekitar 10W. Sedangkan dengan charger USB-C Power Delivery akan menyalurkan daya maksimal 9V 2A 8W).

Dengan data tersebut, kita bisa lebih bijak dalam memilih charger alternatif untuk Switch apabila charger bawaan tertinggal, rusak atau hilang..

Charger Alternatif Untuk Nintendo Swtich

Ada 3 saran untuk Anda dalam memilih charger alternatif:

1. Tidak perlu membeli charger baru.

Anda mungkin memiliki charger USB-A pada umumnya seperti charger smartphone atau power bank dengan output minimal 5V 1.5A. Anda hanya perlu memastikan kualitas chargernya bukan abal-abal..

Gunakan saja itu, pasangkan dengan kabel USB A-C yang bagus (seperti yang disertakan oleh Nintendo dengan Pro Controller / Charging Grip), kombinasi ini akan “cukup baik,” untuk ngecas sambil bermain, namun akan lebih baik jika di cas dalam kondisi stand by.

2. Jika Anda ingin meng-upgrade atau membeli yang baru, namun ingin menyeimbangkan kinerja dan harga, Anda harus membeli charger tipe USB C. Pengisi daya USB-C biasa / standar (5V 3A) menjadi lebih umum dan harganya turun.

Charger semacam ini dapat diandalkan mengisi baterai Switch dalam segala kondisi, sambil bermain atau stand by.

3. Jika Anda ingin mendapatkan charger terbaik / tercepat, dapatkan charger USB-C dengan USB-PD.

Charger dengan USB-Power Delivery biasanya akan lebih mahal, namun akan memberikan sebagian besar daya (hingga 18W) dan akan mengisi baterai Switch dengan cepat, bahkan sambil bermain game paling berat pun.

Charger dan PowerBank Rekomendasi Untuk Nintendo Switch

Ada beberapa charger rekomendasi yang saya temukan di situs luar, bisa cek disini. Tetapi kebanyakan charger tersebut belum atau tidak ada di pasaran Indonesia. Yang ada mungkin diantaranya adalah.. (diurutkan dari yang paling direkomendasikan)..

  • Nintendo Switch AC Adapter. Harga original sekitar Rp. 400rb. Hati-hati banyak yang palsu.
  • Powerbank: Anker PowerCore+ 26800 mAh. Harga resmi Rp. 1,574jt.
  • Charger stasion: Anker PowerPort 5 USB-C. Harga resmi Rp. 608rb.
  • Powerbank: Anker PowerCore 20100. Harga resmi Rp. 838rb.
  • Wall charger: Apple 12W iPad USB charger. Harga resmi iBox Rp. 389rb. Awas banyak yang palsu.
  • PowerBank: Anker PowerCore 13000mAh. Harga resmi Rp. 713rb.
  • Powerbank: Anker PowerCore 10000mAh. Harga resmi Rp. 466rb.

Jika tidak ada yang cocok dengan budget Anda, kembali ke kriteria di atas:

Tanya Jawab


Q: Apakah Saya perlu charger yang sama dengan spesifikasi Nintendo AC Adapter 15V 2.6A?
A: Tidak. Nintendo Switch bisa di cas dengan 5V/9V/12V/15V.

Q: Charger/powerbank Qualcomm Quick Charge 2.0/3.0 mendukung voltase tinggi (9V/12V) apakah itu berarti akan mengisi baterai pada status fast-charge?
A: Tidak. Nintendo Switch tidak mendukung teknologi Quick Charge sehingga hanya akan mengisi pada voltase standar 5V.

Sumber:

Artikel ini dibuat bukan hasil tes atau pengalaman pribadi Elppas. Saya hanya membaca dan mensarikan dari beberapa sumber berikut..

  1. https://vimeo.com/212532179
  2. https://medium.com/@clumsycontraria/how-to-choose-your-nintendo-switch-charger-d0ebd84afdf9
  3. https://www.reddit.com/r/NintendoSwitch/comments/6jnkl4/list_of_recommended_switch_usbc_chargers/
  4. http://www.hardwarezone.com.sg/feature-what-you-need-know-about-nintendo-switchs-support-usb-type-c-and-power-delivery/how-select-power-adapter-or-power-bank-switch

Demikian info memilih charger alternatif third-party dan powerbank untuk Nintedo Switch. Semoga bermanfaat. Jika Anda punya rekomendasi silhakan berbagi di komentar. Tolong bantu like dan share:)


Sumber http://www.elppas.com/