Mana Charger yang Paling Bagus? ANKER vs AUKEY vs TRONSMART

0
262

Anker, Aukey, dan Tronsmart sering kita kenal sebagai produsen charger dan powerbank. Mereka sama-sama menyasar kelas menengah keatas dan sama-sama dari China. Sekilas kualitas tampak sama, sehingga kita sering bingung mau pilih mana antara Anker, Aukey atau Tronsmart?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Elppas akan mencoba berpendapat berdasarkan pengalaman dan hasil cari-cari informasi secara mendalam dari mbah Google..

Jawaban singkatnya:

  1. Anker
  2. Aukey
  3. Tronsmart

Sebenarnya tergantung pertanyaannya juga, itu kalau nanya soal kualitas atau bagus mana, ya itu jawabannya. Tapi kalau budget ketat dan gak mikirin garansi tinggal pilih saja yang termurah toh kualitas gak jauh beda.

Jawaban lengkapnya:

Mulai dari pendirian perusahaan..

  • Anker didirikan antara tahun 2009-2011 oleh mantan software engineer pegawai Google bernama Steven Yang. Saat ini Anker tengah mengembangkan brand lainnya yaitu Eufy, Zolo, Roav, dan Nebula.
  • Aukey didirikan sekitar tahun 2007. Kurang informasi mengenai Aukey, namun sepertinya Aukey semakin berkembang.
  • Tronsmart didirikan pada tahun 2013. Walapun yang paling muda, tetapi sepertinya sudah selevel dengan Aukey.

Teknologi charger

Sebelumnya sudah saya bahas juga menengani teknologi pintar pada charger Tronsmart, Aukey, dan Anker..

Dari ketiga tekonologi tersebut saya berpendapat bahwa teknologi PowerIQ 2.0 lebih unggul dari AiPower dan VoltIQ, karena sudah bisa mendeteksi smartphone dengan teknologi Quick Charge 3.0 dan menyalurkan voltase dan ampere setara QC3.0, sementara AiPower dan VoltIQ hanya terbatas pada output maksimum 5V 2.4A.

Soal Harga Anker vs Aukey vs Tronsmart

Kalau soal harga sepertinya pemenangnya adalah Tronsmart, lalu Aukey, dan paling mahal adalah Anker.

Tronsmart vs Aukey sepertinya tidak jauh berbeda biasanya cuma beda-beda sedikit, tapi kalau Anker seringkali harganya jauh lebih tinggi baik harga Import maupun harga Resmi.

Distributor Resmi dan Garansi

Ini mungkin hal yang cukup mempengaruhi dalam penilaian saya yaitu keberadaan distributor resmi di Indonesia..

  • Aukey Indonesia sudah ada (aukey.id redirect ixesories.com)
  • Anker Indonesia sudah ada (ankerindonesia.com)
  • Tronsmart Indonesia hingga saat ini, November 2017, belum ada Authorized Distributor di Indonesia.

Secara resmi ketiga merk tersebut memberikan garansi selama 18 bulan. Jika Anda membeli resmi jadi bisa klaim garansi lebih mudah kalau ada Authorized Distributornya.

Sedangkan jika Anda membeli barang import tentu tidak akan mendapat garansi 18 bulan dari Distributor Resmi, biasanya hanya garansi toko selama 1 bulan.

Nah itu saja mungkin pendapat Elppas mengenai Anker vs Aukey vs Tronsmart. Jika Anda mempunyai pendapat lain silahkan berbagi di komentar.
Sumber http://www.elppas.com/