Samsung Adaptive Fast Charging adalah teknologi pengisian baterai cepat dari Samsung eksklusif untuk perangkat Galaxy seri Note, S, A, dan C.

Tidak seperti Quick Charge dan fast charging lainnya, ini sepenuhnya kompatibel dengan Exynos, sistem-on-chip yang biasa ditemukan dalam varian perangkat Samsung internasional termasuk Indonesia.

Charger Samsung Adaptive Fast Charging Original

Spesifikasi teknik dan adaptor yang kompatibel

Voltase Ampere Daya Maks.
Samsung Adaptive Fast Charging 5V/9V 2A/1.67A 15W

Pengisian Cepat Adaptif Samsung memiliki output 5V 2A hingga 9 Volt 1,67 Ampere (15W), ini setara dengan Quick Charge 2.0 karena memang rebrand dari Quialcomm Quick Charge.

Untuk mendapatkan kecepatan Adaptive Fast Charging memerlukan pembelian charger bersertifikat, namun sebagian besar perangkat Samsung mendukung aksesoris Quick Charge.

Kecepatan pengisian

Samsung tidak mempublikasikan seberapa cepat waktu pengisian daya untuk Adaptive Fast Charging. Namun dalam pengujian kami, Galaxy S8, yang memiliki baterai 3.000 mAh, membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk mengisi ulang penuh.

Langkah-langkah keselamatan

Statistik teknis Adaptif Fast Charging sulit didapat, tapi berdasarkan uji coba charging cepat Samsung sangat konservatif alias mempertahankan tradisi.

Menurut pengujian rinci XDA mengenai standar pengisian cepat, Galaxy S8 Plus mempertahankan suhu paling dingin dari smartphone flagship lainnya namun dalam hal kecepatan, Samsung sangat jauh tertinggal.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Adaptive Fast Charging

Kelebihan:

Kekurangan:

  • Cenderung konservatif (kurang inovatif)
     

Smartphone Samsung yang Mendukung Fast Charging

Berikut adalah daftar beberapa smartphone Samsung yang sudah mendukung Adaptive Fast Charging:

  • Samsung Galaxy Note: 8/FE/Edge/7/5/4
  • Samsung Galaxy S: 8/8+/7/7 edge/6/5
  • Samsung Galaxy A: 5 2016/5 2017/7 2017/5 2018/9/9 Pro
  • Samsung Galaxy C: 9 Pro/7 Pro/7/10
  • Samsung Galaxy On7 (2016)


Sumber http://www.elppas.com/