Elppas cukup penasaran dengan performa/kecepatan smartphone Oppo F5 ini. Selain kamera selfie yang selalu diandalkan di brand ini, gimana sih secara performa Oppo F5 ini? Baguskah dari segi kecepatan prosesnya? Gimana kalau untuk bermain game 3D bagus tidak?

Oppo F5 adalah ponsel yang dimotori oleh chipset MediaTek MT6763T Helio P23 yang baru dirilis tahun 2017. Helio P23 merupakan procesor penerus dari Helio P20 yang dipakai di Sony XA1.

Helio P23 ini merupakan sistem kelas menengah (mid-range) 64-bit octa-core ARM LTE. Jika dibandingkan dengan Soc Qualcomm, ini kurang lebih setara dengan Snapdragon 625 yang digunakan di Xiaomi Mi A1.

Berikut spesifikasi singkat SoC (Sistem on Chip) Helio P23:

  • Processor ARM Coretx-A53
  • 8 core (4 @2.3GHz, 4 @1.6GHz)
  • Graphics ARM Mali-G71MP2 @770MHz

Mari kita lihat hasil pengujian CPU, GPU, dan keseluruhannya..

Test Besmark OS II Oppo F5 (CPU Test)

Besmark OS merupakan aplikasi untuk menguji performa murni CPU. Dan berikut hasil benchmarknya:

Kita dapat dengan jelas melihat P23 sedikit kalah dengan pendahulunya P20, seperti yang ditunjukkan oleh Sony Xperia XA1.

Kita juga dapat melihat bahwa solusi baru MediaTek setara dengan Snapdragon 625 dan Snapdragon 450 yang baru, seperti yang terlihat di Vivo V7 + dalam kekuatan pemecah bilangan murni.

GFX 3.0 Manhattan 1080p offscreen (Graphic Test)

Performa GPU di Oppo F5 memberikan studi kasus yang lebih menarik. Berbeda dengan Helio P20, dengan GPU Mali-T880 MP2 @ 900 MHz, Helio P23 baru mengemas Mali-G71MP2 @ 770 MHz. Dengan clock dibawah pendahulunya, GPU pada Helio P23 mampu bekerja lebih cepat.

Dalam hal pengolahan graphic, sepertinya Oppo F5 cukup mendominasi dari pesaing-pesaing lainnya.

Antutu 6 Score Oppo F5 (CPU+GPU Test)

Beralih ke AnTuTu, benchmark yang lebih majemuk yang menguji performa secara keseluruhan, kita dapat dengan jelas melihat Oppo F5 dapat menyelesaikannya dengan skore yang cukup baik.

Pada pengujian ini Oppo F5 kami memiliki RAM 4GB, ditambah versi penyimpanan 32GB dan dilihat dari hasil, kedua modul tersebut terlihat bagus dan tajam.

Dengan score AnTuTu 63889, Oppo F5 seharusnya lancar ketika bermain game-game 3D saat ini. Apalagi jika hanya untuk bermain sosial media atau game-game kasual. Setidaknya, performa Oppo F5 jauh lebih baik daripada Samsung J7 Pro.

Secara keseluruhan, Oppo F5 dengan chipset Helio P23 memiliki tenaga lebih dari cukup untuk menjalankan aplikasi sehari-hari dengan enteng, lancar jaya tanpa/sedikit lag. UI ColorOS berjalan mulus dan tidak ada lag mencolok dalam performa gaming pada perangkat dengan laya lebar 6″ (18:9) ini.

Source: GSMArena.
Baca juga: Baca juga: Seberapa Cepat Pengisian Baterai Oppo F5? Apakah Mendukung Fast Charging VOOC?
Sumber http://www.elppas.com/