Pada paket penjualan Xiaomi Redmi 5A hanya diberikan charger dengan daya 5V 1A. Dengan spesifikasi power adapter itu, untuk mengisi baterai berkapasitas cukup besar, yaitu 3000 mAh tentu akan memakan waktu lama jika mengisi baterai dari 0% hingga 100%.

Secara teori, untuk mengisi baterai Redmi 5A dari low hingga full dengan charger 1A membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam.

Bagi sebagian pengguna hal tersebut mungkin terlalu menyita waktu dan berharap bisa lebih cepat sehingga menimbulkan pertanyaan, “Bagaimana jika menggunakan charger 2A atau charger Quick Charge?”

Chipset Snapdragon 425 Mendukung Quick Charge 2.0

Ponsel Xiaomi Redmi 5A menggunakan chipset Snapdrago 425 yang pada dasarnya memiliki spesifikasi dukungan Quick Charge 2.0 (9V 2A).

Namun pada faktanya, tidak semua smartphone yang menggunakan processor Snapdragon 425 otomatis mendukung fast charging Quick Charge 2.0, karena untuk mengaktifkan fitur tersebut maka Xiaomi harus membayar royalti kepada Qualcomm.

Jadi karena Redmi 5A ini ditargetkan untuk pasar entry level dengan harga murah, maka sepertinya Xiaomi tidak mengaktifkan fitur Quick Charge-nya.

Kemungkinan mengaktifkan Quick Charge 2.0 pada Xiaomi Redmi 5A

Banyak juga para “opreker” yang percaya bahwa fitur Quick Charge ini dapat diaktifkan melalui software di level kernel, yang berarti harus merubah ROM, menggunakan custom ROM.

Kemungkinan itu ada, namun perlu diperhatikan juga bahwa jika secara hardware, Redmi 5A tidak disiapkan untuk mendukung Fast Charing maka kamu perlu berhati-hati juga akan efek pemaksaan yang dilakuakn software yang mungkin akan mengakibatkan panas. Dikhawatirkan akan merusak hardware terutama IC charger.

Test Ngecas Redmi 5A dengan Charger Quick Charge 3.0

Redmi 5A dicas dengan charger QC3.0:

Xiaomi Redmi 5A tidak support Quick Charge – pic by Bagus Wicaksono at FB Group Xiaomi Redmi 5A Indonesia

Hape Ini Tidak Support Fastcarger Jadi Wurungkan niat membeli Carger Qualcomm 3.0 / 2.0 hasil nya akan sia-sia sayang banget buang-buang duit karena batas maximal hape ini hanya 1Ampere 5Volt. mau beli juga moderator tidak melarang .silahkan .So jangan tergiur oleh iklan youtube. karena device/hape yang mereka pakai sudah support fastcarger. dan REDMI 5A ini tidak support fastcharger. hanya info bagi yang belum tahu. thanks.

Menurut uji coba yang dilakukan oleh salah seorang pengguna Redmi 5A, memang ponsel tersebut tidak mendukung teknologi fast charging.

Jadi kesimpulannya Xiaomi Redmi 5A TIDAK SUPPORT FAST/QUICK CHARGE, ataupun charger diatas 1A. Jadi gunakan saja charger bawaannya dengan daya 5V 1A.

Jika kamu punya info lain mengenai kecepatan ngecas Redmi 5A, silahkan berbagi di komentar.
Sumber http://www.elppas.com/