Xiaomi Mijia Wiha merupakan obeng set 25 in 1 dari Xiaomi dengan kualitas premium berteknologi Jerman.

Wiha sendiri merupakan merek high-end di industri alat Jerman, memiliki hampir 80 tahun pengalaman dalam manufaktur alat berkualitas tinggi.

Dengan demikian, cukup menjamin bahwa Mijia Wiha bukan obeng set biasa.

Berikut fitur-fitur utama dari Mi Wiha:

  • Box aluminum alloy shell (reddot award 2017 winner)
  • Bahan bit baja S2 dengan tingkat kekerasan HRC 60
  • Mata obeng magnetic
  • Dibuat dengan teknologi Wiha Jerman yang menjamin presisi
  • Rotating cap design handling

Mari kita bahas lebih lanjut..

Desain Elegan dan Premium

Secara desain, Xiaomi Mijia Wiha memiliki wadah shell yang terbuat dari aluminum alloy tak seperti kotak obeng set pada umumnya yang biasanya terbuat dari bahan plastik polycarbonate.

Kotak penyimpanan ini juga mengandung magnet yang akan tetap menjaga obeng set memiliki magnet untuk memudahkan mengambil skrup.

Spesifikasi Xiaomi Mijia Wiha

Menurut informasi dari situs resmi Xiaomi, Mi WIHA di desain untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan reparasi gadget, dengan 24 obeng bit presisi tinggi, total sembilan kategori untuk HP, laptop, jam tangan kuarsa, kamera, radio, komputer, ponsel, drone, kacamata dan peralatan rumah tangga konvensional lainnya.

Berikut jenis dan ukuran obeng yang terdapat di dalam box Xiaomi Mijia Wiha:

  • Phillips (+): PH2, PH1, PH0, PH00, PH000
  • Tri-point (Y): Y1
  • Pentalobe (bintang 5): P2 0.8mm, P5 1.2mm
  • Slotted (-): SL4.0, SL3.0, SL2.0, SL1.5
  • Torx Security (Torx bolong tengahnya/TR): T15H, T10H, T8H, T6H, T5H
  • Torx (bintang 6): T4, T3, T2
  • Triangle (segitiga): 2.3mm
  • U: 2.6
  • Hexagon (segi 6): H2.0, H1.5

Yap, kalau dilihat dari spesifikasi jenis dan ukuran mata obeng yang tersedia, obeng set ini bisa digunakan untuk bongkar-bongkar Smartphone, iPhone (kecuali iPhone 7 keatas karena tidak ada Y00), Macbook Pro/Air, Laptop, Komputer, Drone, Kamera, dll yang sudah disebutkan diatas.

Bahan bit dan Tingkat Kekerasan Mijia Wiha

Bahan yang digunakan pada bit obeng set ini adalah baja S2 dengan tingkat kekerasan HRC 60 (dengan toleransi +- 2 HRC).

HRC 60 merupakan spesifikasi baja yang sangat keras. Contoh yang setara baja S2 adalah peer Jeep Willis yang juga sering dibuat untuk pisau atau golok yang super tajam. Pisau yang tetap tajam lebih lama daripada pisau yang lebih murah, tetapi jauh lebih sulit untuk diasah.

Bagaimana untuk obeng? Realistis saja, untuk obeng yang lawannya sekrup/baut yang bahannya dari baja juga tentu sewaktu-waktu bisa aus juga. Namun dengan tingkat kekerasan HRC 60 ini memungkinkan akan lebih awet dari obeng set biasa seperti Jakemy yang biasanya menggunakan bahan baja CRV dengan HRC 50-52, namun Jakemy juga ada yang menggunakan bahan S2.

Ukuran mata obeng juga perlu diperhatikan. Obeng-obeng berukuran kecil dibawah 2.0mm tentu akan lebih rawan aus.

Jadi soal cepat aus/slek atau tidaknya kembali lagi kepada pengguna. Gunakan dengan ukuran yang sesuai skrupnya, hati-hati dan jangan dipaksakan.

Baca juga: Obeng kuat gak gampang slek

Tingkat Presisi Xiaomi Mijia Wiha

Presisi pada sebuah mata obeng tentu sangat penting. Sayang sekali Elppas belum pernah memegang dan melihat secara langsung produk ini. Namun saya pribadi tidak meragukan teknologi Jerman si Wiha yang sudah berpengalaman hampir 80 tahun di industri tools.

Nanti kalau sudah ada dananya pengen beli untuk mengulas lebih jauh 🙂

Harga Xiaomi Mijia Wiha

Di situs resmi Xiaomi.com, Mijia Wiha dibandrol dengan harga 99 Yuan atau sekitar Rp. 215.000,-

Untuk harga di Indonesia saya lihat di Tokopedia yang paling murah di kisaran Rp. 245.000,- dan yang lain rata-rata Rp. 300.000,- keatas.

Dengan harga segitu worthed kah? Kalau melihat desain yang prmium, bahan baja S2 HRC 60 yang keras, dan teknologi Jerman yang baik dalam presisi, menurut saya pribadi harga segitu sudah ideal.

Buat kamu yang enthusias, memntingkan kualitas dan memiliki dana cukup obeng set Xiaomi Mijia Wiha ini layak untuk kamu beli.

Tapi buat kamu yang dana-nya terbatas, mungkin bisa melirik Jakemy JM-8113 yang juga menggunakan bahan baja S2 dengan harga kere hore dibawah Rp. 100rb.

Vidoe Overview dan Review

Untuk referensi lain, Elppas sertakan video-video dari Youtube mengenai produk Xiaomi Mijia Wiha.. Silahkan ditonton..



Sumber http://www.elppas.com/