Cara Memasang Klakson Keong di Motor

Klakson secara um memang dipasang dari pabrikan untuk motor itu sendiri sebagai salah satu komponennya. Tentunya untuk motor yang digunakan untuk di jalanan jalan raya. Sebagai bagian safety riding. Karena klakson ini berfungsi sebagai penanda jika ada kendaraan yang mau menyalip atau belok. Sehingga pengendara lain yang ada di depannya atau di sampingnya bisa mengetahui kalau ada kendaraan di belakangnya yang mau nyalip.

Oleh karena itu klakson ini juga menjadi bagian penting dari kendaraan itu sendiri. Namun saat di jalan raya yang dengan kendaraan baik itu mobil atau motor terkadang suara klakson motor tidak kedengeran oleh pengendara lain. Sebab itu para pengguna sepeda motor suka mengganti klakson dengan klakson yang memiliki suara lebih keras. Terutama bagi rider yang suka adventure perjalanan jauh.

Salah satu klakson motor yang memiliki suara lebih keras adalah klakson keong ini. Klakson jenis ini sangat populer dan diminati oleh para modifikator. Nah jika anda ingin memasang klakson keong silahkan simak cara memasangnya dibawah ini.

Cara Memasang Klakson Keong di Motor

Bahan yang disiapkan selain klakson 

Jika anda ingin memasang klakson keong di motor sebaiknya anda siapkan juga relay untuk klaksonnya. Relay ini digunakan untuk mencegah arus closed cirkuit yang bisa membuat aki tekor. Pilih relay yang mampu menampung beban 10 A.

Selain relay yang perlu disiapkan adalah kabel. Panjangnya tergantung jarak antara aki dan penempatan klakson. Jangan lupa juga sekring atau fuse 10 A.

Cara pasang klakson dan relay

  • Yang pertama hubungkan kabel kaki relay angka 30 pada kaki relay. Sambungkan ke sekring dan dari sekring ke positif (+)  pada aki/accu. 
  • Selanjutnya kaki relay dengan angka 85 dan 86 sambungkan ke saklar klakson. 
  • Yang ke tiga, kaki relay angka 87 sambungkan ke salah satu kaki klakson. Untuk kaki klakson yang satunya sambungkan ke massa atau body motor. 
  • Terakhir tes apakah nyala atau tidak. Jika tidak nyala berarti ada yang kurang benar dalam pemasangannya. Dan jika sudah benar rapikan kabel kabel dan selesai. 


Sumber https://www.modifikasi.org/