Satu Minggu Bersama Xiaomi Redmi 5A Ini Kelebihan Dan Kekurangan Redmi 5A

0
265
Review Kelebihan Dan Kekurangan Xiaomi Redmi 5A | Patut diakui, Xiaomi Redmi 5A merupakan sebuah smartphone yang cukup fenomenal. Meski banyak dicari, smartphone ini juga termasuk langka di pasaran.

Ratusan -bahkan mungkin ribuan- calon pembeli yang gagal memboyong smartphone seharga satu juta kurang ini kecewa dan ramai menuduh bahwa penjualannya hanyalah gimmick belaka. Tak sedikit pula yang menuduh bahwa Redmi 5 yang terjual lebih banyak diborong oleh pihak toko.

Bukan sembarang menuduh, karena di e-commerce seperti Tokopedia saja bisa dengan mudah ditemui Redmi 5A namun dengan harga lebih mahal bahkan sampai Rp1.400.000. 

Namun, kesempatan untuk mendapatkan Redmi 5A belum selesai, karena bulan ini, Flash Sale Redmi 5A di Lazada kembali diadakan. Calon pembeli yang masih penasaran tentunya akan mencoba lagi, kecuali memang sudah keburu pasrah dan memilih membeli seri lain.


Dengan Adanya Xiaomi Miui Official Global Site kita akan di mudahkan untuk megatasi masalah – masalah yang terjadi pada Device kita, Seperti ANR Dan lain-lain, Agar tidak kesal, ketahui dulu plus minus dari Xiaomi Redmi 5A yang sudah penulis gunakan selama satu minggu sejak tanggal 3 lalu.

Berikut Kelebihan Dan Kekurangan Xiaomi Redmi 5A


A merupakan sebuah smartphone yang cukup fenomenal Satu Minggu Bersama Xiaomi Redmi 5A Ini Kelebihan Dan Kekurangan Redmi 5A

Review Kelebihan Xiaomi Redmi 5A

(+) MIUI9

Spek boleh seadanya, performa tetap prima

A merupakan sebuah smartphone yang cukup fenomenal Satu Minggu Bersama Xiaomi Redmi 5A Ini Kelebihan Dan Kekurangan Redmi 5A

Salah satu smartphone Xiaomi yang sering digunakan sebelumnya adalah Redmi Note 3 yang mengusung prosesor Snapdragon 650.

Berbeda di ukuran layar dan prosesor, Redmi Note 3 sayangnya masih mengusung MIUI8, tepatnya versi 8.5. OS MIUI9 memang sudah tersedia untuk Redmi Note 3, tapi untuk yang versi MTK.

Ketika beralih ke Redmi 5A, perbedaan dari segi kecepatan sungguh terasa, khususnya ketika menjalankan ataupun berpindah aplikasi. Selama seminggu digunakan, smartphone ini sangat jarang mengalami Force Close atau Apps Not Responding (ANR).

Sebuah apresiasi karena Xiaomi berhasil mengoptimasi software dan hardware secara cukup seimbang.

(+) DualSIM + microSD

Berpindah koneksi 4G dari satu operator ke operator lain sangat cepat

A merupakan sebuah smartphone yang cukup fenomenal Satu Minggu Bersama Xiaomi Redmi 5A Ini Kelebihan Dan Kekurangan Redmi 5A

Satu hal yang sangat penulis senangi dari Redmi 5A adalah ketersediaan slot microSD terpisah.

Di satu sisi, dua nomor GSM yang penulis miliki bisa dipakai bersamaan dalam satu smartphone, sementara di sisi lain, slot kartu tambahan bisa dimaksimalkan untuk mengatasi kapasitas internal di Redmi 5A yang tergolong “menyedihkan”.

Selama digunakan, penulis acapkali berpindah jaringan internet 4G dari Indosat ke Telkomsel – dan sebaliknya – karena lokasi yang didatangi sehari-hari memang berbeda.

Bagusnya, proses perpindahan tersebut berjalan sangat cepat, rata-rata kurang dari 10 detik saja. Sayangnya, tidak ada akses cepat untuk perpindahan tersebut.

(+) Kamera

Fitur HDR di kamera sangat membantu mengatasi backlight

A merupakan sebuah smartphone yang cukup fenomenal Satu Minggu Bersama Xiaomi Redmi 5A Ini Kelebihan Dan Kekurangan Redmi 5A

Satu hal yang sebetulnya sempat diragukan dari Redmi 5A adalah kameranya. Maklum saja, untuk smartphone dengan harga semurah ini, fitur kamera biasanya termasuk yang paling pertama dipangkas. Namun, setelah diujicoba langsung sehari-hari,

kameranya cukup bisa diandalkan. Fitur PDAF maupun HDR yang dipromosikan mampu menghasilkan gambar yang baik.

Selain itu kehadiran mode Manual dan HDR pada aplikasi kamera juga terbilang cukup memuaskan.

Satu hal yang cukup disayangkan adalah ketidakhadiran sensor Gyrometer pada seri ini sehingga tidak bisa digunakan untuk menghasilkan gambar 360 seperti photosphere.

Namun, untuk yang terakhir ini bisa dimaklumi karena masih banyak smartphone di kisaran dua juta lebih dan tidak juga mengusung Gyro.

Review Kekurangan Xiaomi Redmi 5A

Xiaomi Redmi 5 Review Indonesia Ponsel Kelas Entry Level Serasa Flagship

(-) No Lite Mode

Lite Mode, fitur yang harusnya ada di MIUI9 dan Redmi 5A

A merupakan sebuah smartphone yang cukup fenomenal Satu Minggu Bersama Xiaomi Redmi 5A Ini Kelebihan Dan Kekurangan Redmi 5A


Yang satu ini bukan spesifik masalah di Redmi 5A, tapi di seri Xiaomi keseluruhan yang sudah mengusung MIUI9.

Fitur Lite Mode sampai saat ini masih “hilang” meskipun di Redmi Note 3 dengan MIUI8 masih tersedia. Cukup disayangkan sebenarnya, karena target pasar dari seri Redmi 5A sebetulnya adalah pengguna awal atau yang beralih dari ponsel fitur.

Dengan kehadiran Lite Mode, tentunya proses adaptasi akan lebih mudah. Fitur ini juga cukup sering dimanfaatkan bagi orang lanjut usia lantaran ikon dan teks yang lebih besar sehingga penggunaannya juga jadi lebih sederhana.

Untuk kalian yang Kangen Dengan Fitur Lite Mode yang ada di Miui 8 Coba saja Download di MIUI APP Store, Mungkin saja masih tersedia secara Gratis, Lanjut ke Kekurangan Xiaomi Redmi 5

(-) Kapasitas Internal Sesak 

Dari 16GB, yang bisa dipakai hanya 10GB kurang saja

A merupakan sebuah smartphone yang cukup fenomenal Satu Minggu Bersama Xiaomi Redmi 5A Ini Kelebihan Dan Kekurangan Redmi 5A

Ketersediaan slot microSD sebenarnya tidak terlalu membantu, khususnya ketika pengguna banyak menggunakan aplikasi.

Kehadiran kartu memori tambahan lebih dikhususkan untuk menyimpan foto dan video yang dihasilkan dari kamera karena OS MIUI memang tidak mendukung fitur menginstal aplikasi ke SD. Kalaupun bisa, pengguna diwajibkan melakukan root dan menggunakan OS lain yang tentu merepotkan pengguna awam.

Di sisi lain, aplikasi seperti WhatsApp yang cenderung boros dalam urusan penyimpanan (dengan foto, video dan voice notes) juga tidak menyediakan pilihan menyimpan ke memori eksternal. Apalagi dari kapasitas 16GB yang disebutkan, pengguna hanya memiliki akses ke sekitar 10GB saja, karena sisanya digunakan oleh sistem.

Melihat plus dan minus yang disebutkan di atas, penulis bisa menyimpulkan bahwa Redmi 5A masih pantas dibeli, apalagi kalau kebagian jatah saat Flash Sale di Lazada. Tapi itu semua kembali lagi ke kamu. Semoga beruntung!