Pengertian Juz Amma – Juz ‘Amma adalah surat juz ke 30 dalam kitab suci Al-Quran.  Di dalamnya terdapat 37 surat. Juz Amma ini dimulai dengan surat an-Naba’ dan diakhiri surat An-Naas. Dalam Juz ‘Amma ini terdapat 34 surat yang berisikan surat yang paling sering kita dengar dan paling sering kita baca. 

Semasa kita kecil dan pertama kali belajar membaca al-Qur-an kita sudah membaca dan menghafal surat-surat yang terdapat dalam Juz ‘Amma. Para imam mesjid juga ketika sholat berjamaah kebanyakan lebih sering membaca surat-surat pendek yang terdapat di dalam juz ‘Amma. Oleh karena itu, surat-surat Juz ‘Amma sudah terasa begitu akrab di telinga kita. Bahkan kita sudah hafal sebagian besar surat-surat tersebut di luar kepala.

Di samping itu di dalam Juz ‘Amma terdapat banyak surat yang memiliki keutamaan. Di antaranya adalah surat al-Ikhlash, al-Falaq, an-Naas dan lain-lain. Tentang surat al-Ikhlas misalnya, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda:

“Demi Dzat yang jiwaku berada di Tangan-Nya, sesungguhnya (surat al-Ikhlash) itu sebanding dengan sepertiga al-Qur’an.” (HR. Al-Bukhari)

Dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan lain berkaitan dengan surat-surat dalam Juz ‘Amma diantaranya :
  1. Surat Al Kautsar mencegah permusuhan,
  2. Surat Al kafirun mencegah kufur di waktu sakarotul maut,
  3. Surat Al Ikhlas mencegah perbuatan nifaq (plin-plan),
  4. Surat Al Falaq mencegah kedengkian orang hasud,
  5.  Surat An Nas mencegah dari was-was

Anda Bisa melihat daftar surat Juz Amma di bawah ini


Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa keutamaan surat Juz ‘Amma dalam al-Qur`an. Marilah kita selalu rajin membaca al-Qur`an dan memahami isi yang terkandung di dalamnya agar kita selalu diberikan petunjuk oleh Allah SWT, sebagaimana sabda nabi:

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari al-Qur-an, akan mendapatkan suatu kebaikan. Sedang satu keba-ikan akan dilipatkan sepuluh kali lipat. Aku tidak berkata, Alif laam miim, satu huruf. akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf. (HR. At-Tirmidzi )

Keutamaan Surat Pilihan Lainnya

    1. Surat Yasin
    2. Surat Ar-Rahman
    3. Surat Al-Waqiah
    4. Surat Luqman
    5. Surat Al-Kahfi
    6. Surat Al Ikhlash 
    7. Surat Al Falaq 
    8. Surat An Naas

    Demikian Pembahasan mengenai Juz Amma. Semoga dengan tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.



    Sumber http://www.abdan-syakuro.com/