Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Bagian Dalam

bagian dalam mesin motor kotor 

Kendaraan bermotor jika sering di gunakan atau di bewa jalan lama kelamaan pasti akan ada kotoran yang tertinggal di dalam blok mesin motor. Ini karena sisa sisa dari pembakaran di dalam mesin motor yang menempel pada dinding dinding bagian dalam blok mesin motor bagian dalam. Termasuk pada piston juga akan menempel kerak kerak sisa kotoran dari pembakaran .

Apa lagi jika sampai kehabisan oli. Pasti kotoran yang menempel di vagian dalam blok mesin akan lebih banyak dan tebal. Hal ini akan mempengaruhi kinerja mesin. Dan performa kendaraan bermotor anda akan tidak maksimal. Seperti laju dari kendaraan bermotor menjadi lebih lambat karena ruang pembakaran menjadi lebih sempit. Selain itu mesin juga cepat panas, mudah mogok serta oli mesin cepat habis.

Oleh karena itu selain penggantian oli yang rutin, juga harus dibersihkan bagian dalam blok mesin tersebut. Atau biasa di sebut dengan tun up. Pembersihan bagian dalam ini bisa dilakukan dalam beberapa tahun sekali atau beberapa km sekali. Tapi tidak sesering ganti oli atau service ringan. Untuk caranya anda bisa simak di bawah ini.

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Bagian Dalam

Untuk membersihkan kerak kerak dan sisa oli yang menempel pada bagian blok mesin dan piston, anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus. Atau anda bisa menggunkan solar dan sabun colek.

Nah cara yang akan saya bagikan di sini adalah dengan menggunakan solar dan sabun colek. Caranya cukup mudah. Yang pertama harus dilakukan yaitu copot dan buka bagian blok mesin. Caranya tinggal buka baut baut yang mengikat bagian blok mesin.

Setelah tercopot semua termasuk klep dan pistonnya serta busi, kerok dulu bagian bagian yang terdapat kerak. Terutama pada bagian ruang pembakaran . Setelah itu siram sedikit demi sedikit dengan solar.  Dan jangan lupa digisok dengan sikat sampai bersih.  Emang sih tidak bisa sampai bersih seperti semula. Tapi paling tidak kerak kerak nya hilang.

Utuk bagian yang bisa di lepas seperti bagian klep dan piston  atau head cilynder. Agar bisa lebih kinclong anda bisa menggunakan sabun colek untuk membersihkannya. Cara tinggal dikasih sabun colek terus disikat sampai bersih. Kalau sudah kelihatan bersih tinggal disiram dengan air dan dikeringkan.

Setelah kering silahkan pasang kembali. Namun untuk bagian yang tidak perlu dicopot yaitu bagian tranamisi serta calter. Anda cukup membersihkannya dengan solar saja. Karenan kalau dengan sabun juga nanti dikhawatirkan akan ada sabun atau air yang masuk ke dalam mesin. Dan akan merusak mesin.

Jangan lupa dibagian samping tepatnya di calter atau tutup samping kanan pada bagian kampas kopling, di buka dan dibersihkan juga. Caranya sama di atas, siram dengan solar dan disikat sampai bersih. Jangan dengan sabun dan air takurnya ada air yang masuk ke mesin.

Setelah semuanya bersih tinggal pasang kembali bagian bagian yang tadi di copot. Agar lebih maksimal silahkan sekur dulu bagian klepnya sebelum dipasang.

Setelah terpasang semua silahkan dicoba hidupkan mesin jika nyala kembali dengan normal berarti sudah beres. Selanjutnya tinggal dicoba jalan dan rasakan perbedaannya .


Sumber https://www.modifikasi.org/