Cara Merawat Bearing Dengan Mudah di Rumah

0
325
Cara Merawat Bearing Dengan Mudah di Rumah 

Bearing atau bantalan merupakan komponen dari kendaraan bermotor terutama bagian yang berputar seperti roda dan lainnya. Bearing ini berfungsi sebagai penahan gesekan saat benda tersebut berputar. Sehingga dapat berputar denhan lancar dengan gesekan yang halus.

Namun, bearing ini juga dapat rusak atau fungsinya yang berkurang dikarenakan usia yang sudah lama. Lama atau tidaknya bearing ini tahan atau aman,tergantung kita bagai mana cara merawatnya.

Yang paling sering dan cepat rusak adalah bearing yang ada pada roda. Yaitu bearing untuk bantalan ass roda dan arm. Bantalan pada roda ini cepat rusak karena posisinya yang dekat dengan jalanan dan juga berada paling luar dari bearing bearing lainnya. Biasanya dikarenakan seringnya terkena hujan, sehingga kotoran kotoran yang terbawa oleh air akan masuk ke dalam bearing tersebut. Sehingga  kotoran kotoran tersebut akan bercampur dengan gemuk atau pelumas bearing tersebut.

Apa lagi jika sering terkena air yang mengandung genangan lumpur, maka bearing tersebut akan cepat rusak. Karena pelumasnya suadah hilang menjadi lumpur. Akibatnya bearing akan berkarat dan kotor. Sehingga roda yang berputar tidak akan lancar dan nyaman. Yang paling parang adalah cepat aus jika tidak segera di atasi.

Ciri ciri bearing rusak adalah roda yang berputar akan terasa seret jika diputar secara manual dengan tangan. Dan jika bearing atau bantalan ini sudah aus cirinya yaitu roda menjadi oblak saat roda digoyang goyang kekiri dan ke kanan. Serta saat diputar roda terlihat bergoyang goyang. Ini sangat bahaya jika tiba tiba bearing pecah di jalan.

Bayangkan saja saat anda mengendarai kendaraan anda tiba tiba bearing pecah. Dan kondisinya dengan kecepatan tinggi. Pasti akan menimbulkan kecelakan dan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Namun semua itu bisa diatasi dengan perawatan yang rutin secara berkala. Agar umur bearing dapat bertahan lebih lama. Cara merawatnya pun cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah tanpa harus ke bengkel. Itung itung buat kesibukan sendiri, dan lebih akrab dengan seluk beluk kendaraan kita sendiri.

Cara Merawat Bearing Dengan Mudah di Rumah

  • Yang pertama untuk merawat bearing roda yaitu lepas dulu roda dari kendaraan. 
  • Setelah roda dilepas, buka penutup bearing dengan cara mencongkelnya dengan obeng min (-). 
  • Lumasi ulang bearing dengan pelumas atau gemuk khusus bering. 
  • Setelah semuanya di lumasi dengan gemuk selanjutnya pasang kemali tutup bearing yang tadi dicopot dan tekan atau sedikit di ketuk. 
  • Pasang kembali roda ke tempatnya. 

Itulah Cara Merawat Bearing Dengan Mudah di Rumah. Jika anda tidak sempat atau tidak ingin melakukannya sendiri di rumah, anda bisa bawa kendaraan anda ke bengkel. Bilang saja tambah gemuk beraring.
Selanjutnya.. 


Sumber https://www.modifikasi.org/