5 Kelebihan Xiaomi Redmi 5A Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mulai Menghina

0
303

Xiaomi berhasil menghebohkan pasar smartphone. Pasalnya, vendor asal Negeri Tirai Bambu tersebut kembali menghadirkan smartphone terbarunya, Redmi 5A. Hal yang mengejutkan dari perangkat tersebut adalah harganya.

Xiaomi dengan percaya diri memperkenalkan Redmi 5A sebagai smartphone terbaru mereka yang dipatok dengan harga Rp 999.000. Harga tersebut bahkan tidak sampai Rp 1 juta untuk sebuah smartphone.

Para penggemar Xiaomi pun seakan dihembuskan angin segar, mereka seakan diberikan kesempatan yang sangat baik untuk menyambut pergantian tahun dengan perangkat baru. Namun sayang, tak semua orang berpikir demikian.

Xiaomi berhasil menghebohkan pasar smartphone 5 Kelebihan Xiaomi Redmi 5A Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mulai Menghina

Dengan harga yang sangat murah tersebut, banyak pihak yang meragukan banyak hal dari Redmi 5A. Kebanyakan dari mereka meragukan penampilan dan spesifikasi yang ditawarkan oleh Xiaomi melalui perangkat yang harganya membuat pasar smartphone goyang itu. Sehingga, banyak yang menilai jika Redmi 5A adalah smartphone yang murahan.

Sayangnya, penilaian mereka itu salah besar. Xiaomi Redmi 5A merupakan smartphone murah yang menyimpan beragam hal yang mampu mengejutkan mereka. Apa saja itu? Mari kita ulas satu persatu.

Baca Juga : 5 Kekurangan Xiaomi MI A1 Yang Harus Kamu Ketahui

Chipset Buatan Qualcomm, Bukan MediaTek

Xiaomi berhasil menghebohkan pasar smartphone 5 Kelebihan Xiaomi Redmi 5A Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mulai Menghina

Redmi 5A adalah smartphone murah, itu pernyataan yang benar. Namun, saat ada orang yang mengatakan smartphone itu adalah smartphone murahan, rasanya kamu wajib cepat-cepat membungkamnya dengan bukti pertama ini.

Xiaomi menyadari jika pengguna mereka membutuhkan perangkat yang tidak hanya murah, namun juga mampu menopang seluruh aktifitas mereka. Maka dari itu, mereka tetap memanfaatkan jeroan mumpuni di dalamnya, salah satunya adalah chipset.

Biasanya, smartphone berharga murah hanya akan dibekali dengan chipset buatan MediaTek, namun ruapnya hal tersebut tak berlaku bagi Redmi 5A. Pasalnya smartphone tersebut dibekali dengan Snapdragon 425, yang notabene buatan Qualcomm.

Chipset tersebut telah dibekali dengan 4 inti Cortex-A53, yang mampu mencapai kecepatan hingga 1.4GHz. Pada bagian pengolah grafis, Snapdragon 425 dibekali dengan Adreno 308, yang sudah sangat mampu untuk menyuguhkan grafis terbaik di kelasnya.

RAM 2GB Berpadu ROM 16GB

Xiaomi berhasil menghebohkan pasar smartphone 5 Kelebihan Xiaomi Redmi 5A Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mulai Menghina

Chipset Snapdragon 425 yang tersemat di dalam Redmi 5A tentu tidak akan bekerja sendirian dalam menghadirkan performa yang terbaik bagi penggunanya. Tersemat pula RAM dan ROM guna menyempurnakannya.

Sebelum Redmi 5A diperkenalkan, kita belum pernah melihat sebuah perangkat seharga kurang atau pas dari Rp 1 juta yang dibekali dengan RAM lebih dari 1,5GB. Terlebih, ROM yang ditawarkannya pun akan mentok pada 8GB saja.

Hal itu nampaknya akan berubah. Pasalnya, Redmi 5A hadir sebagai smartphone yang dibekali dengan RAM 2GB, yang sudah sangat cukup untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi dan berganti-ganti aplikasi.

Ditambah lagi, ROM yang diberikan Xiaomi ke dalam perangkat itupun tidak tanggung-tanggung, yakni sebesar 16GB. Jika kamu rasa kapasitas tersebut kurang, maka silahkan manfaatkan slot microSD card yang bisa diisi dengan kapasitas hingga 256GB yang terdapat pada Redmi 5A.

Baca Juga : Review Kamera Huawei Nova 2i : Rajanya Smartphone Selfie Kelas Menengah

Berjalan Diatas OS Android Nougat versi Terbaru

Xiaomi berhasil menghebohkan pasar smartphone 5 Kelebihan Xiaomi Redmi 5A Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mulai Menghina

Kehebatan lain dari Xiaomi dalam menghadirkan perangkat murah adalah menyuguhkan beragam hal terkini ke dalamnya. Bukti nyata tersebut dapat kamu lihat lagi pada Redmi 5A, yang telah mengadopsi sistem operasi Android Nougat versi terbaru, yakni Nougat 7.1.2.

Kehadiran OS tersebut menjadikan Redmi 5A sebagai smartphone yang mengemban Android Nougat versi teranyar. Hal ini sangat mengagumkan, mengingat smartphone murah lainnya belum pernah ada yang langsung mengemban sistem operasi versi teranyar.

Berkat hadirnya Androud Nougat 7.1.2, maka sudah dapat dipastikan jika Redmi 5A juga telah mengemban UI terbaru dari Xiaomi, yakni MIUI 9. User interface tersebut telah mengemban segala macam pembaruan yang mendukung seluruh fitur dari Nougat secara penuh.

Desain Tidak Murahan

Xiaomi berhasil menghebohkan pasar smartphone 5 Kelebihan Xiaomi Redmi 5A Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mulai Menghina

Keraguan lain dari pihak-pihak memandang miring Xiaomi Redmi 5A adalah dari sisi desainnya. Banyak yang menilai jika perangkat tersebut hanya dibalut dengan bahan murahan. Namun sayangnya, penilaian mereka tersebut salah besar.

Xiaomi Redmi 5A bahkan telah dibalut dengan bahan aluminum pada seluruh bagian belakang tubuhnya. Hal tersebut membuatnya terlihat premium, dan kesan “murahan” seakan sirna begitu saja ketika melihatnya secara langsung.

Sementara itu, pada bagian depannya, Redmi 5A telah dibalut dengan bahan kaca. Dengan begitu, mulai saat ini, tepatnya setelah Redmi 5A muncul, kita tidak akan melihat lagi smartphone yang dilapisi dengan bahan plastik pada bagian layarnya.

Lensa Kamera yang Tidak Asal-asalan

Xiaomi berhasil menghebohkan pasar smartphone 5 Kelebihan Xiaomi Redmi 5A Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mulai Menghina

Penilaian buruk terakhir yang dilemparkan oleh beberapa pihak jatuh pada lensa kamera dari Redmi 5A. Berkat harga murah yang dipatoknya, banyak orang yang menilai jika lensa kamera yang tersemat akan asal-asalan. Sayangnya penilaian tersebut kembali salah.

Pasalnya, Redmi 5A telah dibekali dengan lensa kamera 13MP pada bagian belakangnya. Lensa kamera tersebut memiliki aperture f/2.2, dan turut dilengkapi dengan phase detection autofocus, dan juga LED flash. Lensa tersebut juga dibekali dengan Geo-tagging, touch focus, smile detection, HDR dan bahkan panorama.

Resolusi perekaman yang dapat dilakukannya pun cukup besar. Lensa 13MP tersebut dapat melakukan perekaman dengan hasil resolusi 1080p pada kecepatan 30fps.

Sementara itu, pada bagian depannya tersemat lensa selfie yang bertenaga 5MP. Lensa tersebut memiliki bukaan f/2.0, yang artinya memiliki kemampuan cukup baik dalam menangkap gambar di kondisi cahaya minim.

Baca Juga : Android Kamu Lemot / Lamban? Berikut Penyebab Dan Cara Mengatasi

Kesimpulan

Xiaomi Redmi 5A adalah smartphone murah terbaru yang menghiasi hari-hari terakhir di tahun 2017 ini. Harganya yang hanya Rp 999 ribu rupanya mampu menarik perhatian banyak orang.

Walaupun dibalut dengan harga murah, namun rupanya Redmi 5A bukanlah perangkat murahan. Smartphone berlayar 5 inci beresolusi 720×1280 piksel tersebut dibalut dengan beragam teknologi menarik, seperti chipset Qualcomm, RAM dan ROM yang sudah cukup mumpuni, OS teranyar, desain asik, dan lensa kamera yang cukup baik.

Dengan seluruh bukti nyata tersebut, maka rasanya tak berlebihan jika kami menobatkan perangkat berbaterai 3000mAh tersebut sebagai bukti nyata dari ungkapan “murah meriah”.

Jika RAM 2GB kamu rasa kurang, maka terdapat pilihan RAM 3GB yang ditemani oleh ROM 32GB, yang tentu dibalut dengan harga sedikit lebih tinggi.