Hari ini secara resmi smartphone Android One hasil kerja sama antara Xiaomi dan Google yang bernama Mi A1 resmi diluncurkan di dunia. Bisa dibilang smartphone ini menjadi Android One paling bertenaga dibandingkan generasi sebelumnya.

Sekilas, Android One sendiri merupakan proyek Google untuk menghadirkan smartphone dengan spesifikasi hardware menarik, namun harganya murah. Untuk itu, Google mengajak Xiaomi meluncurkan Mi A1.

Bahkan smartphone ini akan hadir di berbagai negara, termasuk Indonesia. Untuk itu, saya akan memberikan bocoran mengenai 5 kelebihan Xiaomi Mi A1 dibandinkan brand xiaomi yang lain, sebelum hadir resmi di tanah air.

Apa saja Kelebihan xiaomi MI A1

Android 8.0 Oreo Tanpa MIUI

Kita ketahui bersama bahwa Xiaomi terkenal dengan sistem operasi modifikasinya yang bernama MIUI karena menampilkan tampilan dan fitur yang menarik. Namun terkadang MIUI ini boros terhadap RAM sehingga membuat smartphone sedikit lambat apabila kebanyakan menjalankan aplikasi.

Baca Juga : 5 FAKTA Terbaru Mengenai Smartphone Yang Belum Anda Ketahui

Berbeda dengan Xiaomi Mi A1 yang tidak hadir dengan MIUI, melainkan sistem operasi Android murni tanpa hadirnya bloatware sehingga menjadi super ringan, tidak boros baterai, dan memakan sedikit RAM.

Menariknya Xiaomi Mi A1 hadir dengan Android 7.1.2 Nougat dan beberapa hari kemudian akan ditingkatkan langsung menjadi Android 8.0 Oreo terbaru. Bahkan seperti yang dijanjikan Google akan didukung dalam pembaruan sistem operasi yang lebih dulu dibandingkan smartphone lainnya, selain produk Google.

Snapdragon 625 dan RAM 4 GB
Kombinasi hardware yang hadir pada Xiaomi Mi A1 bisa dibilang sudah bagus karena menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 625, RAM 4 GB, dan storage internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD. Dengan kombinasi ini dapat membuat smartphone berjalan dengan mulus dan lancar. Selain hemat baterai, prosesor Qualcomm Snapdragon 625 ini juga bertenaga.

Baca JugaReview : 5 Kekurangan Xiaomi MI A1 Yang Harus Kamu Ketahui


Harga Terjangkau
Dengan kombinasi hardware dan fitur yang ditawarkan, bisa dibilang harga yang dibanderol pada Xiaomi Mi A1 ini terjangkau di 14.999 Rupee atau sekitar Rp 3,1 jutaan. Meskipun Redmi Note 4 memiliki harga yang lebih murah, namun Mi A1 ini memiliki fitur dan spesifikasi hardware yang lebih bagus lagi sehingga bisa dibilang harganya sangat terjangkau. Bisa dibilang Redmi untuk kelas menengah ke entry level, sedangkan Mi kelas menengah ke kelas atas.

Dual-Camera Utama 12 MP
Dual-Camera utama yang hadir pada Xiaomi Mi A1 memiliki kombinasi satu kamera 12 MP dengan lensa wide-angle untuk mengambil foto dengan sudut luas dan satu kamera 12 MP dengan lensa telephoto yang bisa melakukan 2x optical zoom. Bahkan dual-camera utama ini mampu menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan mudah dan instan.

Dukungan Google Paling Update
Sebagai smartphone yang masuk dalam proyek Android One, Google menjanjikan dukungan penuh Android selama dua tahun, mulai dari tambahan fitur, API, update, dan upgrade sistem operasi Android yang terdepan sehingga bisa dibilang Mi A1 merupakan smartphone Xiaomi terdepan yang akan mendapatkan sistem operasi Android terbaru.

Contohnya saja sekarang semua smartphone Xiaomi baru mendapatkan MIUI 9 berbasis Android Nougat, berbeda dengan Xiaomi Mi A1 yang akan langsung mendapatkan Android 8.0 Oreo, Android 9, hingga Android 10 tanpa perlu menunggu update MIUI karena smartphone ini benar-benar didukung langsung oleh Google

(Bonus) Hadir di Indonesia
Meskipun peluncuran perdanannya di India, namun Xiaomi telah mempresentasikan bahwa Xiaomi Mi A1 akan hadir di negara kawasan Eropa, Timur Tengah, Amerika, Afrika, dan Asia Pasifik. Tentunya negara Indonesia masuk dalam daftar ini. Kemungkinan besar, Xiaomi Mi A1 akan hadir di Indonesia dalam 2 atau 4 minggu lagi.
Kesimpulan
Bagi kamu yang ingin memiliki smartphone Xiaomi berspesifikasi tinggi, harga terjangkau, dan sistem operasi Android yang paling cepat update maka Xiaomi Mi A1 bisa menjadi pilihannya. Selain itu, Xiaomi Mi A1 juga akan hadir resmi di Indonesia.

Note jika kamu inging Copas Artikel saya Usahakan tambahkan Link aslinya