Inilah 5 Dampak Negatif Jika Sosial Media Beneran Di Blokir

0
211

Akhir-akhir ini para pengguna internet khususnya sosial media dibuat cemas karena maraknya berita tentang Menteri Komunikasi dan Informatika yang mengancam akan memblokir beberapa platform sosial media ternama di Indonesia. Menkominfo mengancam akan menutup akses beberapa platform sosial media asing yang beroperasi di Indonesia jika tidak bisa diajak berkerja sama dengan pemerintahan Indonesia untuk menangkal konten-konten berbau hoax,fake news dan radikalis dalam bentuk tulisan,foto maupun video.

akhir ini para pengguna internet khususnya  Inilah 5 Dampak Negatif Jika Sosial Media Beneran Di Blokir


Hal ini tentu akan berdampak luas kepada masyarakat Indonesia,karena seperti yang kita ketahui pengguna sosial media di Indonesia sangatlah banyak, hampir sebagian besar masyarakat Indonesia aktif didalam sosial media,baik itu dari kalangan warga biasa sampai para pejabat negara bahkan seorang Presiden. Jika Menkominfo benar-benar akan menutup sosial media kita sudah merangkum 5 hal negatif yang akan terjadi setelah aturan ini benar-benar ditegakkan.Berikut ini daftarnya,mari kita simak langsung saja.

1.Masyarakat Akan Kebingungan

akhir ini para pengguna internet khususnya  Inilah 5 Dampak Negatif Jika Sosial Media Beneran Di Blokir


Tentu hal yang pertama adalah dampak ke masyarakat itu sendiri,seperti yang kita jelaskan di atas jika pengguna aktif sosial media di Indonesia sangatlah banyak. Para pengguna ini biasanya menggunakan sosial media untuk saling berkomunikasi antar pengguna sosial media.Hal ini tentu akan membuat masyarakat kehilangan wadah berkomunikasi yang biasanya mereka gunakan sehari-hari.Masyarakat dipaksa untuk menggunakan cara komunikasi lama yang sudah jarang digunakan pada zaman sekarang ini seperti sms atau mms jika kita ingin mengirim sebuah foto atau meneldon dengan biaya sangat mahal kepada seseorang yang berada diluar negeri.Hal ini tentu berdampak buruk dan suatu kemunduran menurut kami.Karena sosial media tentu masih sangat bermanfaat untuk sebagian besar masyarakat Indonesia.

2.Hilangnya Mata Pencaharian Seseorang

akhir ini para pengguna internet khususnya  Inilah 5 Dampak Negatif Jika Sosial Media Beneran Di Blokir


Zaman semakin modern ini banyak orang yang memanfaatkan sosial media sebagai ladang pencaharian mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.Sebagai contoh paling sederhana saja kita bisa ambil contoh dari para kreator youtube (platform ini juga diancam akan ditutup aksesnya) mereka mengandalkan youtube sebagai mata pencaharian mereka,mereka membuat suatu konten berupa video yang nantinya akan diupload di youtube dan dari banyaknya penonton itulah meraka mendapatkan uang.Namun apa jadinya jika platform ini ditutup banyak sekali kreator youtube di Indonesia, mereka menjadi pengangguran lagi, ini baru dari platform youtube belum dari sosial media lainnya yang jumlahnya sangatlah banyak. Jadi dengan ditutupnya akses media sosial ini tentu akan membuat banyak orang menjadi seorang pengangguran.

3.Hilangnya Media Promosi

akhir ini para pengguna internet khususnya  Inilah 5 Dampak Negatif Jika Sosial Media Beneran Di Blokir


Tak bisa dipungkiri jika media sosial adalah tempat yang paling cepat untuk mempromosikan suatu hal baik dalam bentuk barang maupun jasa.Tentu hal ini dikarenakan jumlah pengguna sosial media di Indonesia bisa dikatakan sangat banyak.Selain itu mempromosikan suatu hal di mesia sosial tidaklah dikenai biaya sepeserpun.Tantu hal ini sangat berguna bagi para pelaku ekonomi yang baru saja berjalan dan belum memiliki modal besar.Jadi dengan ditutupnya akses media sosial tentu banyak merugikan.

4.Matinya Sebagian Online Shop

akhir ini para pengguna internet khususnya  Inilah 5 Dampak Negatif Jika Sosial Media Beneran Di Blokir


Penjual online yang menggunakan sosial media sebagai wadah mereka tentu tidaklah sedikit.Mereka menggunakannya sebagai sebuah toko namun berada didunia maya.Seperti pada poin ketiga mereka juga menjadikan sosial media sebagai wadah promosi.Sebagai penjual online tentu dengan ditutupnya media sosial ini sama halnya ditutupnya toko yang telah mereka kembangkan dengan penuh kerja keras dan kepercayaan ditutup begitu saja.Walau masih banyak platform lain untuk jual beli online namun tentunya hal ini bisa berdampak sangat buruk bagi mereka.

5.Tertutupnya Kita Dengan Dunia Luar

akhir ini para pengguna internet khususnya  Inilah 5 Dampak Negatif Jika Sosial Media Beneran Di Blokir


Dengan ditutupnya media sosial tentu sama saja kita menutup salah satu pintu untuk berkomunikasi dengan dunia luar,kita akan sedikit telat akan berita terbaru didunia karena hilangnya media sosial.Memang masih banyak pintu lain yang bisa kita lalui seperti melalu suatu website berita,namun tetaplah kita akan merasa di rugikan.

Media sosial memang banyak hal negatif didalamnya namun hal positive didalam sosial media tentu sangatlah lebih banyak.Dengan ditutupnya akses sosial media juga mungkin bisa meredakan banyaknya berita hoax dan ajaran radikalisme namun menurut saya pemerintah harus mencari solusi terbaik bagi masyarakat,hal ini tentu dari kebijakan dari para penggunanya sendiri,jadi saran dari kami adalah gunakanlah media sosial dengan bijak.Dan sekian artikel yang bisa kami buat untuk sobat semua.Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.Jadi apa pendapat sobat semua tentang hal ? Setuju atau Tidak ?