Teknologi Drive SSD (Solid State Drives) yang sering kita temui di perangkat Apple ini memang berharga di atas rata-rata dibandingkan dengan harga HDD (Hard Disk Drives). Jika memang untuk beberapa tahun ke depan, teknologi SSD akan menggantikan HDD, apakah harganya dapat turun menyesuaikan harga HDD?

SSD timeslib.com
Via Amazon.com


Sebelum membahas lebih jauh, kita bahas dulu mengenai HDD dan SSD. HDD atau yang sering kita sebut Harddisk, perangkat dimana kita menyimpan data dan menginstal software di dalamnya. Semakin besar kapasitas Harddisk, maka semakin besar/tinggi pula harganya. Begitu juga dengan SSD. Bedanya harga SSD sangat jauh lebih tinggi ketimbang HDD.

Apa sih yang membedakan HDD dan SSD? Kenapa bisa berbeda jauh? Dengan SSD kita mungkin terhindar dari loading, karena memang, kecapatan SSD jauh lebih cepat. Kenapa begitu? Teknologi SSD yang merupakan pengembangan dari HDD ini memiliki komponen yang berbeda di dalamnya dengan HDD. SSD lebih mirip Flashdisk namun dengan teknologi yang lebih maju. Jika di dalam HDD kita akan menemui komponen perangkat mekanik seperti piringan, maka tidak dalam SSD, SSD sepenuhnya berkomponen elektronik. Tambahan: menurut saya pribadi, SSD lebih awet dan tidak cepat panas.

Maka dari itu, kecepatan SSD adalah berkalilipat kecepatan HDD. Begitu juga harganya. Jika dengan uang 1 juta sekarang kita bisa mendapat HDD dengan kapasitas 1 TB atau lebih, kalau untuk membeli SSD, uang 1 juta hanya cukup untuk membeli SSD berkapasitas 100an GB. beda jauh bukan?

Sudah jelas mengenai HDD dan SSD? Lanjut ke topik sesuai judul. Beberapa tahun ke depan akan diprediksikan SSD akan menggantikan HDD, jika begitu bagaimana harganya? Akankah menyesuaikan? Lebih murah maksud saya.

Tertulis di situs FossBytes, “Seagate: Stop Dreaming, SSDs Will NEVER be as Cheap as HHDs“. Begitu judul artikel yang menjadi sumber tulisan ini. Stop Dreaming, berhentilah bermimpi, Harga SSD tidak akan lebih murah dari HDD. Iya, tapi apakah akan turun harganya? Walaupun tidak sampai sama, setidaknya harga SSD turun?

Seagate yang merupakan produsen harddisk terbesar saat ini tidak setuju dengan prediksi bahwa harga SSD akan turun. Karena  dilihat dari biaya produksi yang masih tinggi. Jadi, jawaban dari judul ini adalah: tidak (tidak secara signifikan). Jika menginginkan harga yang lebih murah, HDD masih bisa menjadi solusi yang baik. Jika ada perangkat baru (PC) yang sudah secara standar menggunakan SSD, maka jangan kaget jika harganya selangit.

Solusi: Harddisk bukan lah sesuatu yang buruk bukan? Anda masih bisa menggunakan HDD. Soal kecepatan, kita lihat kilas balik teknologi dari waktu ke waktu. Dahulu ketika orang masih banyak yang menggunakan Pentium II dll, mereka atau Anda sendiri tidak mengeluh dengan kecepatannya bukan? Dan dengan teknologi yang lebih canggih seperti sekarang ini, kecepatan harddisk yang sekarang sangat jauh lebih cepat dengan teknologi terdahulu (karena dengan prosesor dan RAM yang lebih baik juga sangat mempengaruhi kecepatan atau performa perangkat).

Teknologi memang ada untuk memudahkan kita. Jika uang tidak cukup untuk membeli SSD, maka tidak perlu menjadi susah payah untuk berusaha membeli SSD. Jangan sampai teknologi yang ada malah membodohi kita.

Sumber: FossBytes, by Adarsh Verma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here