10 Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari One Piece

0
593

One Piece, manga dan anime asal Jepang ini sudah menghibur pencinta nya sejak tahun 1997. Sejak tahun tersebut, Eichiro Oda telah membawa kita (pecinta One Piece) terbawa oleh suasana bajak laut. Dimana para bajak laut saling berlomba mencari “One Piece“.

Diceritakan, Monkey D. Luffy atau Mugiwara no Luffy, ketua dari kelompok bajak laut Topi Jerami, atau Mugiwara no kaizoku, atau Straw Hat Pirate, berusaha mengumpulkan teman untuk dijadikan rekan bajak laut dan berpetualang bersama di lautan. Mereka telah banyak melalui berbagai macam petualangan, dari di darat, laut, bawah laut, hingga di langit, banyak cerita dari Luffy ddk yang bisa diambil hikmahnya. Memang sih, manga atau anime ini lebih banyak komedinya, dan banyak saru nya, hehe. Namun di setiap cerita, pasti kita mendapat feeling yang terkadang kita sampai terbawa suasana. Dari suasana atau saat-saat menyedihkan, menegangkan, lucu, hingga yang menyenangkan, rasanya kita sampai terbawa ikut menyaksikan petualangan mereka.

Kelompok Bajak Laut Topi Jerami.One Piece


Sudah 18 tahun lamanya One Piece ini berlangsung hingga sekarang, dan masih berlanjut. Pasti ada hikmah yang dapat kita ambil. Kali ini Timeslib Magz mencoba merangkum 10 hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari manga atau anime One Piece. Apa saja 10 hikmah atau pelajaran tersebut? Yuk kita simak….

Baca Juga: Ingat Manga Ini? Komik-komik Jepang yang Mendunia

10 Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari One Piece

10. Jangan menyalah gunakan jabatan.

Memiliki jabatan tinggi, atau derajat yang lebih tinggi dari yang lain, mampu merubah sifat seseorang, atau membuat orang lupa daratan. Hal ini jangan sampai terjadi, karena bagaimanapun, semua makhluk hidup itu sama. Yang membedakan adalah perbuatannya. Jadi jangan menjadi orang yang sombong, merendahkan orang lain, apalagi berbuat yang dapat merugikan orang lain.

Tenryuubito. One Piece episode 396

Pelajaran ini bisa diambil dari One Piece ketika ada Teryubito yang semena-mena terhadap orang lain. Selain Tenryubito, kita bisa melihat permasalahan di dunia One Piece antara Manusia dan Manusia Ikan, yang saling menghina satu sama lain.

9. Jangan jadi pengecut.

Sebenarnya tidak ada pelajaran tentang bagaimana kita tidak boleh menjadi pegecut di One Piece secara langsung. Namun, jika kita melihat pertengkaran antara Luffy dan Momonosuke di Dressrosa, terlihat bahwa Luffy tidak suka terhadap pengecut, dalam arti kalah terhadap masa lalu dan tidak mau mengatasi perasaan yang luka atas kejadian masa lalu.

Timeslib - 10 Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari One Piece
 Luffy – Momonosuke. One Piece episode 630

Intinya, kita jangan mudah menyerah terhadap masa lalu. Bukan berarti kita harus melupakan masa lalu, tapi kita harus mampu menghadapinya dan menatap masa depan. Contoh lainnya adalah, ketika pulau manusia ikan yang memiliki masa lalu yang kelam, mereka tersadarkan, bahwa dari pada meratapi masa lalu, lebih baik menata cerita untuk masa depan, yaitu berteman dengan manusia.

Mungkin sifat pengecut di sini berbeda dengan sifat pengecutnya Usopp, hehe.

8. Jangan suka menghina orang.

Ingat ketika Nami bertanya tentang Pulau Langit kepada pemilik bar ketika ada Bellamy di sana? Bellamy dan semua pengunjung bar menertawakan Nami, Luffy dan Zoro. Mereka menertawakan mereka. Tidak Hanya itu, mereka menghina dan bahkan menghajar Luffy dan Zoro. Tapi apa? Pulau Langit benar-benar ada. Bellamy pun akhirnya mengaku sudah pergi ke Pulau Langit.

Timeslib - 10 Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari One Piece
Pulau Jaya. One Piece episode 146

Sebelum Bellamy pergi ke Pulau Langit, Bellamy pernah sombong akan kekuatan Bane Bane no Mi nya dan merendahkan Luffy. Namun Luffy, dengan sekali pukulan dapat menjatuhkan Bellamy.

Timeslib - 10 Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari One Piece
Luffy – Bellamy. One Piece episode 151

7. Jangan pernah menyakiti Wanita.

Mana nih penggemar Sanji? Koki kita yang paling hebat. Tidak hanya hebat, dia juga sangat berpegang teguh bahwa dirinya tidak akan menyakiti wanita. Terbukti dia selalu kalah ketika melawan wanita. Bahkan setelah ia dikhianati oleh cinta barunya Violet, dia tetap mempercayai Violet. Sungguh pria sejati.

Timeslib - 10 Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari One Piece
Sanji – Violet. Dressrosa. One Piece episode 640

Memang sih sikap Sanji yang satu ini terlihat cool. Namun maksud kami, bukan hanya kepada wanita. Dari Wanita ke Pria juga sama, jangan suka merendahkan. Intinya saling menghargai lah. Dan satu lagi, jangan tiru Sanji yang seperti ini yaa…

Timeslib - 10 Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari One Piece
Kenapa kau tak memanggil kami? Sanji-kun! Enam orang kru lain juga masih hidup dan ada di sini!. One Piece episode 574

6. Toleran.

Masih soal Sanji. Mungkin karena Eichiro Oda adalah seorang perokok berat (katanya), maka tidak ada anggota bajak laut Topi Jerami yang mengeluhkan asap rokok Sanji. Bukan berarti saya pro sama perokok, Tapi lihat gambar di bawah ini, ketika tubuh Nami tenyata adalah Sanji.

Timeslib - 10 Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari One Piece
Nami (di tubuh Franky) memberi rokok ke Sanji (di tubuh Nami). One Piece episode 588

Nami memberikan Sanji rokok, walaupun nanti nya rokok tersebut akan masuk ke paru-paru Nami. Namun Nami Toleran terhadap Sanji. Eh iya. Katanya pertemuan antara Eichiro Oda dan Istrinya adalah ketika si Istri (sebelum menikah) menggunakan cosplay Nami, dan Eichiro Oda tertarik dengannya… Benarkah?

5. Jangan menjadi pendendam.

Hampir sama dengan peajaran bagaimana kita tidak boleh menjadi pengecut. Kita tidak boleh memiliki rasa dendam yan terlalu lama. Sifat pendendam ini juga mampu merubah sifat seseorang lhoh. Jadi jangan jadi pendendam yaa. Mari kita contoh Luffy Senpai yang tidak pernah membenci musuh-musuh yang telah ia kalahkan (kecuali Kuohige dan Tenryubito mungkin, yang masih semena-mena). Terlihat bahwa semua musuh Luffy masih hidup. Dan menyaksikan perkembangan kekuatan Luffy yang semakin hari semakin hebat.

Timeslib - 10 Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari One Piece
 kalian baik-baik saja kan?. One Piece episode 448

Siapa saja musuh Luffy yang sudah kalah? Alvida, Sichibukai Buggy, Lucci, Bellamy dan masih ada lagi pokoknya. Tidak hanya itu, masih ingat Smoker? Luffy tidak pernah dendam sama Smoker, walaupun Smoker tidak pernah jera ingin menangkap Luffy.

4. Peduli. Walaupun itu kepada musuh.

Walaupun kepada musuh, Kelompok Bajak Laut Topi Jerami selalu peduli lho. Contohnya, ketika Luffy dkk dan Smoker tenggelam di rumah Crocodile di Arabasta, Luffy meminta Zoro untuk juga menyelamatkan Smoker karena Smoker juga pemakan buah setan.

Timeslib - 10 Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari One Piece
 Tashigi – Zoro. One Piece episode 617

Mengingat hubungan Luffy dan Smoker, di Punk Hazard, Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dan Angkatan Laut G5, mereka saling bahu membahu menyelamatkan anak-anak korban percobaan Caesar, bahkan Angkatan Laut G5 ikut menikmati perjamuan yang diadakan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Maih ingat Caesar? Hidung Caesar patah terkena pukulan Luffy dan tendangan Sanji, dan yang mengobati adalah dokter hebat, Chopper.

Timeslib - 10 Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari One Piece
 Itu beneran?!. One Piece episode 624

Mungkin ini sedikit susah, kalau kita harus peduli terhadap musuh. Makanya, jangan ada musuh, bertemanlah dengan semua.

3. Saling memaafkan.

Antara jangan jadi pengecut, jangan menjadi pendendam, dan saling memaafkan ini sangat saling terkait. Dengan memaafkan, kita dapat merubah banyak hal. Hati akan terasa lebih ringan, dan terlahir kembali sebuah persahabatan. Pelajaran ini bisa dilihat ketika Nami memaafkan Hachi yang telah membuat luka di hati Nami. Nami memaafkan Hachi karena setelah melihat perbuatan manusia terhadap manuisa ikan, Nami sadar, bahwa keduanya sama saja. Jika tidak ada yang memaafkan, maka tali peperangan dan dendam akan terus berlanjut.

Timeslib - 10 Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari One Piece
 Nami dan manusia ikan. One Piece episode 390

Jika ada yang berbuat salah kepadamu, dan ia telah meminta maaf, sebaiknya kamu memaafkannya. Lebih baik lagi jika Kamu memaafkannya walaupun Kamu tidak mendengar kata maaf darinya.

2. Berterimakasih.

Membalaas kebaikan orang lain itu perlu. Jika kita tidak bisa membalas dengan perbuatan, cukup dengan kata “terimakasih”. Ingat Lucy, eh Luffy ketika di beri bento oleh Rebecca, dan ternyata Rebecca terpaksamelakukan hal buruk kepada Luffy, Luffy tetap berterimakasih dan tidak membalas hal buruk yang telah dilakukan Rebecca.

Timeslib - 10 Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari One Piece
 Luffy – Rebecca. One Piece episode 650

Tapi gak gini juga kali. Hahahaha.

Timeslib - 10 Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari One Piece
 Ace – Luffy. One Piece episode 504

1. Pantang menyerah dan percaya diri 100%.

Setiap orang pasti memiliki impian atau cita-cita yang ingin diraih. Begitu juga dengan Kapten kita, Monkey D. Luffy. Dia selalu dengan percaya diri menyebut bahwa dia akan menjadi Raja Bajak Laut. tidak peduli kata orang, dia yakin dan percaya diri 100%. Dorongan dari dalam diri sendiri seperti ini memang sangat bagus bagi kesuksesan seseorang dalam meraih impian.

Timeslib - 10 Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari One Piece
 Aku adalah orang yang akan menjadi Raja Bajak Laut!. One Piece episode 579

Jika Luffy tidak sepercaya diri seperti itu, mungkin teman-temannya tidak akan mempercayainya. Begitu juga kamu. Kamu harus pantang menyerah dan percaya diri 100% untuk meraih impian dan cita-citamu. OK?

***

Itulah 10 hikmah atau pelajaran yang bisa kita ambil dari manga atau anime One Piece menurut Timeslib Magz. Masih banyak sebenarnya, pesan yang dapat kita ambil dari manga atau anime tersebut, pertemanan misalnya. Selain jalan ceritanya yang seru, mungkin karena banyak pelajaran yang bisa diambil dari One Piece, membuat One Piece menjadi manga atau anime terlaris saat ini.

Apakah Luffy akan menjadi Raja Bajak Laut? Ikuti terus kisah Luffy Senpai yak, dan kelak jangan lupa ceritakan kisah Luffy ke anak cucu kita. Hehehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here