Bijak dan Dewasa Menghadapi Pengendara 'Moge'

0
298

Masih hangat berita warga Jogja yang menghadang pengendara motor gede-gede atau ‘moge’. Katanya sih pengendara moge ini tidak taat peraturan lalu lintas, dan seenaknya sendiri di jalan raya, menerobos lampu merah misalnya. Wah bisa membahayakan pengendara lain ini. Bahkan kabarnya si penghadang moge rider ini geram lantaran si moge menyenggol pengguna jalan lain. Lalu siapa yang salah? Jawaban sudah jelas bukan siapa yang salah, namun tunggu sebentar. Kali ini Timeslib Magz kembali keluar jalur untuk membahas moge rider ini.

timeslib.com - Bijak dan Dewasa Menghadapi Pengendara 'Moge'
Moge. Via www.lampost.co


Bagaimana sikap kita menghadapi orang kelas atas seperti pengendara moge ini? Sebelum tersulut emosi, mari kita lihat seperti apa sosok sebenarnya dari pengendara moge ini. Pernah saya berdiskusi dengan pak polisi, tentang pengendara moge yang tidak mau menaati peraturan lalu lintas. Polisi yang saya ajak ngobrol ini baik dan dapat dipercaya. Kira-kira percakapan saya dengan pak polisi tentang pengendara moge seperti ini,

Saya: “Pak, kalau pengendara Harle itu gimana pak, apa mereka kebal hukum?”

Pak Pol: “Wah mas, pangkat saya cuma polisi biasa, kalau masalah pengendara Harle, yang jelas mereka punya duit, saya gak bisa bilang banyak, yang jelas, mereka punya ‘kesempatan’ untuk melanggar”

Saya: “Kok iso?”

Pak Pol: “Gini mas, harga Harle kalau buat beli motor biasa dapet berapa mas? Banyak mas, dan yang punya Harle itu sudah pasti orang kaya.”

Saya: “Lhah, orang kaya kan gak cuma mereka pak, kalau semua orang kaya bisa melanggar ya… payah no pak” (sebenarnya saya mau bilang, “… Apa gunanya polisi pak”)

Pak Pol: “Biasa nya pengendara Harle itu pasti punya ‘canel’ ke polisi mas, dan tingkat nya tinggi mas, misal kapolsek atau kapolda, nah mereka, pengendara moge, kalau sama kapolda ngobrol sudah kayak temen mas, bolo dewe…. Bahkan kapolda nya mungkin mbleret sama mereka mas…. Lagian kalau melanggar, misal nrobos lampu merah dan ada polisi yang ngejar, polisi minta denda 50ribu malah dikasih lebih mas sama pengendara moge nya… 100ribu mungkin dikasih buat polisi nya”

Saya: “Bapak pernah?”

Pak Pol: “Hehe ya nggak mas, cuma ya gitu mas, saya cuma polisi tingkat rendah mas, gak bisa ngomong banyak soal mereka yang tngkatnya tinggi-tinggi”

***

Nah seperti itu teman, kurang lebih cara pandang polisi terhadap pengendara moge, kalau saya yang  mengambil inti dari percakapan tadi, para polisi tunduk sama mereka para pengendara moge yang berduit. Ironis. (Namun ini untuk pengendara moge yang sudah teratur dan biasanya di kawal. Ada juga rombongan moge yang tidak mendapat ijin dari polisi)

Itu polisi loh ya, kalau pengendara biasa seperti saya, bagaimana cara menghadapi pengendara moge? Oke, saya sebenarnya juga sedikit bingung bagaimana menghadapi orang yang gak tahu diri. Saya hanya berbagi pendapat saya tenntang bagaimana mengahadapi mereka. Bisa diterima maupun tidak.

Tips Menghadapi Pengendara Moge

Bila Anda tidak dirugikan

Contohnya, jika Anda melihat pengendara moge yang menerobos lampu merah. Anda tidak perlu marah-marah, nyegat, atau malah ngikut nrobos lampu merah. Cukup doakan saja agar pengendara moge tersebut tidak membahayakan pengendara lain. Dengan ini Anda tidak perlu keluar emosi, keluar keringat untuk mengejar, apalagi keluar darah kalau berani nyegat, mending kalau kena jotos, kalau ketabrak?

Tidak perlu dipikirkan terlalu jauh. Toh mereka punya motor itu juga keluar banyak, dari pembelian hingga pajaknya. Mungkin mereka pengen kayak di film-film gitu menikmati moge di jalan yang panjang dan bebas. Kasian mereka kalau sudah bayar banyak, eh kena macet. Berpikir positif aja. Kalau mereka berhenti di perempatan pasti berisik juga, Anda pasti tidak betah dengan suara berisik moge.

Bila Anda dirugikan

Misal Anda terserempet. Anda tidak perlu marah, cukup berbicara baik-baik dengan pengendara moge. jika Anda terserempet, dan meminta pertanggung jawaban secara sopan (dia orang kaya bro, jadi mungkin mereka gak terbiasa dibentak, kalau dibentak gampang marah). Jangan takut kalau kena marah atau mereka tidak mau ganti rugi, mereka pasti mau ganti rugi, duit nya kan banyak.

Lalu bagaimana kalau mereka tidak mau disalahkan? Sebelum menyalahkan orang lain, hendaknya intropeksi diri terlebih dahulu, pastikan bahwa Anda tidak salah. Jika sudah yakin, bicarakan dengan pengendara moge tersebut, bisa dengan pengendara moge lain, jika buntu, Anda bisa mencoba menghubungi kepolisian. Walaupun banyak yang membuktikan pengendara moge pasti menang, tapi coba dulu. Asalkan Anda sopan ke mereka, pasti mereka juga sopan ke Anda. Semoga.

Bila mendapati pengendara moge yang brutal

Yang terakhir ini saya belum pernah dengar, cuma dalam bayangan saja. Insya Allah tidak ada pengendara moge yang brutal kalau tidak ada yang mengganggu, kalau cara mengendara mereka yang membuat Anda jengkel, biarkan saja. Lagi-lagi berfikir yang positif, mungkin mereka terlalu berat membawa motornya, jadi bawa motornya agak susah dah kesannya ugal-ugalan (maksa banget) hehe.

Jika Anda terlibat dengan pengendara moge, sebaiknya Anda menghindar, jangan tersulut emosi, jernihkan pikiran Anda terlebih dahulu, dan kabur, hehehe. Maksud saya tidak perlu lah bermasalah dengan mereka. Biarlah mereka melanjutkan aktifitas mereka, begitu juga Anda, pasti ada hal yang lebih baik untuk dilakukan daripada marah-marah sama pengendara moge.

***

Bukan saya memihak dari salah satu kubu, saya hanya menyampaikan aspriasi saya tentang pengendara moge. Saran saya untuk pengguna jalan non moge, pertimbangkan lagi tiga poin Tips menghadapi pengendara moge di atas. Saran untuk pengendara moge, Kita sesama pengguna jalan, yang sama-sama bayar pajak, hendaknya saling menghargai, itu saja. Untuk pihak kepolisian, saya mohon (memelas) untuk lebih tegas, demi nama baik polisi dan bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here