Tips mengatasi Insomnia atau susah tidur

0
397

Pernah terjaga hingga jam tiga pagi? Tidak bisa tidur? Hal seperti ini bisa terjadi karena banyak hal, mungkin kamu pengidap insomnia? Jika benar silakan bookmark artikel ini, untuk pedoman mengatasi susah tidurmu.

Tips mengatasi susah tidur
Insomnia – Image Source: Medical Marijuana http://bit.ly/1Pan1d5

Sebelum kami berikan beberapa tips mengatasi susah tidur, silakan baca sedikit ulasan tentang insomnia berikut ini.

Insomnia

Tips mengatasi susah tidur
http://bit.ly/1yNztFp

Insomnia didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk tidur. Gejalanya seperti susah untuk tidur, sering bangun ketika malam hari, bangun terlalu pagi, susah dalam berkonsentrasi, dan mudah tersinggung (karena kurang istirahat). Insomnia bisa bersifat akut (satu sampai beberapa malam saja) atau kronis (berbulan-bulan bahkan tahun). Kebanyakan penderita insomnia ini adalah perempuan.

Susah tidur juga dapat dikarenakan beberapa hal atau kondisi, seperti depresi, sakit kronis, obat-obatan, atau sedang stress. Selain karena beberapa faktor tadi, insomnia bisa terjadi karena masalah medis, psikologis, jadwal istirahat yang tidak teratur dan perilaku si penderita semisal: rutinitas waktu tidur yang buruk, menonton TV/ main HP sebelum tidur, kelelahan fisik, dll). Insomnia dapat diatasi dengan merubah pola hidup si penderita. Jika Anda merupakan penderita insomnia, Anda dapat melakukan tips-tips kesehatan untuk mengatasi insomnia atau susah tidur berikut ini.

Tips mengatasi insomnia atau susah tidur

Perbaiki waktu istirahat Anda

Tips mengatasi susah tidur
Image Source: Room Ideas http://bit.ly/1Gf612H

Anda bisa mem-program waktu tidur, perbanyak minum air putih dan pastikan tubuh Anda dalam kondisi sehat. Jika Anda merasa dalam kondisi yang tidak baik, segara tunda kegiatan yang membuat Anda lelah. Mungkin Anda perlu ke dokter atau terapis. Selain beristirahat, olahraga pagi hari juga diperlukan untuk menyehatkan tubuh Anda. Olahraga juga sebaiknya dilakukan sebelum tidur, paling tidak tiga jam.

Artikel terkait: Tips sederhana dan murah untuk hidup sehat

Buat senyaman mungkin tempat tidur Anda

Kamar Anda bisa menjadi tempat terapi yang baik untuk menjaga dan meingkatkan kualitas tidur. Pastikan kamar Anda hanya untuk tidur atau istirahat, dan bagi yang sudah bersuami/istri untuk melakukan kegiatan hal itu. Jangan bawa pekerjaan Anda ke tempat tidur atau kamar, hal ini dapa mengganggu konsentrasi tidur Anda. Juga perhatikan kenyamanan kasur, bantal dan hal lain seperti suhu ruangan, pastikan semua nyaman ketika Anda tidur.

Jangan merokok atau ngopi

Tips mengatasi susah tidur
Image Source: Glogsters http://bit.ly/1C6R8Iw

Nikotin yang terkandung dalam asap rokok dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Maka dari itu hindarilah merokok jika Anda ingin tidur pulas. Selain nikotin dari rokok, kafein juga harus dihindari. Hindarilah dua macam zat tersebut, dari bangun hingga ketika ingin tidur. Termasuk juga alkohol.

Hindari tidur siang

cobalah untuk tidak tidur di siang hari agar mempermudah tidur di malam hari.

Bersahabat dengan cahaya siang hari

Cahaya matahari dapat membantu menyeimbangkan melatonin. Hal ini dapat membantu tidur pulas.

Makan makanan yang mengandung magnesium dan vitamin B kompleks

Beberapa ahli menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti kacang almond, kacang mete, bayam dll serta makanan yang mengandung vitamin B kompleks seperti sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, dll mampu mengatasi susah tidur.

Hindari layar TV atau HP

Layar yang memancarkan cahaya buatan ini dapat mengganggu tubuh kita, selain itu, kita harus mengistirahatkan otak kita sebelum tidur. Jadi, matikan televisi, simpan HP, serta matikan lampu kamar, agar Anda merasa rileks dan mudah untuk mengantuk. Jika Anda mengantuk maka lebih mudah untuk tertidur, hal ini sudah jelas tanpa perlu penjelasan, jika Anda tidak mengantuk lebih baik tidak mencoba untuk tidur lebih awal agar tidak terbangun lebih pagi atau malah tidak tertidur sama sekali.

Minimalisir suara yang mengganggu

Suara yang mengganggu dapat mempersulit tidur Anda, maka tutuplah pintu atau jendela kamar Anda untuk meminimalisir suara yang masuk.

Lancarkan peredaran darah

Luruskan seluruh anggota tubuh agar aliran darah lancar.

Minum susu

Kenapa susu? Percayalah dengan minum susu sebelum tidur dapat memeperkuat kualitas tidur Anda.

Menghitung domba

Tips mengatasi susah tidur
John Carnemolla/Australian Picture Library/Corbis
Ingat Mr. Bean? Ketika dia mencoba untuk tidur namun kesulitan, tapi ketika dia mampu menyelesaikan menghitung domba yang ada di lukisan akhirnya dia tertidur pulas. Walaupun dia menggunakan cara licik (kalkulator). Jika Anda tidak punya lukisan domba, sebaiknya tidak perlu menggambarnya terlebih dahulu. Lebih baik abaikan cara terakhir ini, fokuskan diri Anda untuk tidur, pikirkan bahwa Anda akan tertidur.
Mungkin cukup sekian yang bisa Timeslib Magz berikan untuk membantu mengatasi susah tidur Anda. Tips-tips mengatasi Insomnia atau susah tidur di atas akan efektif jika dipraktekkan setiap hari, silakan mencoba dan terus berusaha. Selamat tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here