Mempunyai teman itu adalah hal yang istimewa. Setiap insan di dunia berhak memiliki teman, namun tidak semua orang bisa mempunyai teman. Kehadiran seorang teman telah mengisi hari-hari kita, entah dalam bangku pendidikan, pekerjaan, bahkan dalam bertetangga, kehadirannya selalu mewarnai hidup kita. Tanpanya kita tak berarti apa-apa.

Spongebob and friends
Image Source: http://bit.ly/1Fm3eD7

Setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda, bahkan orang yang kembar sekalipun. Begitu juga teman-temankita, pastilah mereka memiliki sifat dan peringai yang berbeda-beda. Jarang kita mempunyai teman yang sama semua sifatnya, mukanya, tidak mungkin, pasti semua beda, begitu juga diri kita dengan mereka. Tidak semua sifat atau keinginan teman kita sama dengan kita, hal ini mengakibatkan sering terjadi pro dan kontra.

Wajar kalau anak kecil berkelahi, kalau kamu?
Image Source: http://bit.ly/1MAESaN
Tak jarang kita berselisih dengan teman kita. Ngambek, diem-dieman, tinju-tinjuan, adalah hal yang biasa dalam pertemanan. Namun jika hal ini berlanjut, bisa beresiko bagi pertemanan kita. Untuk mencegah terjadinya perpisahan, kita harus melakukan beberapa hal. Jika kamu masih sayang dengan teman-temanmu, hindarilah sebuah pertengkaran. Jika sudah terlanjur? Tunggu dulu. Siapa yang salah? Silakan Anda introspeksi diri dahulu. Jika merasa bersalah, segeralah meminta maaf. Tak ada salahnya kamu meminta maaf kepada teman terbaikmu, walaupun bukan kamu yang salah. Hal ini membantu agar kamu tetap berteman erat.

Bestfriends
Image Source: https://twitter.com/

Jika kamu mendapati teman yang susah atau menyebalkan, jangan sekali-kali berfikiran untuk mengkhiri pertemanan kalian. Carilah solusi lain agar pertemanan kalian tetap bertahan. Kali ini timeslib berbagi beberapa tips. Agar pertemanan kalian tetap menyenangkan.

1. Menghadapi teman yang menyebalkan.

Not sure
Image Source: http://bit.ly/1GFOqO6

Tidak pernah ada yang bilang, bahwa dari sebuah perselisihan, harus berkahir pada perpisahan. Mencari musuh memang mudah, namun mencari teman itu susah. Jadi jangan sia-siakan pertemanan, jika terjadi perselisihan, cepatlah introspeksi dan meminta maaf.

Coba pikir, bagaimana jadinya jika kedua pihak yang berselisih malah saling menyalahkan. Permasalahan tidak akan pernah selesai. Lain halnya dengan orang yang suka mengalah, jika kedua belah pihak tadi saling menyalahkan diri sendiri dan meminta maaf, sebesar apapun masalahnya pasti akan cepat selesai.
Namun, jangan hanya meminta maaf, harus ada tindakan lanjut seperti introspeksi diri dan menghilangkan sifat yang tidak diinginkan teman kita. Teman seperti apa yang kamu inginkan? Baik? Jadilah seperti apa yang kamu inginkan dari temanmu. Hal ini untuk menjaga agar teman kamu tidak menganggap kamu menyebalkan.

2. Jika teman terbaikmu mulai melupakanmu.

Seiring bertambahnya usia, kesibukan orang akan semakin bertambah, dan bertambah pula teman-temannya. Otomatis waktunya bersamamu akan semakin berkurang. Kadang kita sebagai teman akan merasa kehilangan. Jangan merasa sedih, jika memang dia adalah teman, pasti kita masih diingat olehnya. Sabar saja, suatu saat kan pasti akan bertemu kembali.
My Bestfriends and I
Image Source: https://www.facebook.com/
Adakan sebuah reuni agar pertemanan kalian tetap terjaga. Dengan reuni, kita bisa bernostalgia kembali dengan teman-teman terbaik kita di masa sebelumnya. Bercanda membicarakan masa lalu kalian yang konyol memang menyenangkan.
Minions aja bisa akur, apalagi kalian?
Image Source: http://bit.ly/1GFWgai
Berkunjung atau memberi sesuatu saat teman kamu ulang tahun. Dengan sebuah pemberian, bisa mewakili rasa maaf kalian karena telah hampir melupakan teman terbaik karena alasan pekerjaan atau kuliah.

3. Ketika teman mengambil hak kamu.

Jangan sedih yaa
Image Source: http://bit.ly/1EfHNzA

Mengambil hak kita? Contohnya? Pernah punya pacar yang direbut teman sendiri? Jangan sedih kawan, kalau memang jodoh tidak bakal kemana, jangan jadikan hal ini menjadi sumbu perselisihan yang berujung perpisahan dan permusuhan. Kalau memang pacar kita setia, tidak bakal lari ke orang lain. Lagi-lagi kita harus introspeksi diri. Kenapa pacar kita bisa pindah ke lain hati? Apakah kita yang punya kekurangan apa memang (mantan) pacar kita yang kurang ajar. Tidak perlu menyalahkan teman-mu. Jika memang mereka jatuh cinta ya bagaimana lagi? Apakah kamu akan menghalangi dua insan yang lagi kasmaran? Biarkanlah (mantan) pacar kurang ajar itu bersama temanmu, kan cuma pacaran, bukan suami istri. Hal ini memberi kesempatan buat kamu untuk mecari jodoh yang lebih baik lagi, lupakan saja perbuatan mereka yang sangat menyinggung perasaanmu, kalian masih bisa menjadi teman baik. Jangan berlarut-larut dalam kesedihan, dia bisa pindah ke lain hati berarti kamu juga bisa. Tetap semangat dan ingatlah, mencari musuh lebih mudah daripada mencari teman, jangan sia-siakan pertemanan Anda hanya karena orang lain yang belum tentu menjadi pasangan hidupmu.

Hargailah kebebasan mereka, dan jika kamu merasa tersinggung jika hal itu benar-benar terjadi, maka jangan pernah lakukan hal itu (merebut hak) terhadap teman terbaikmu, karena belum tentu teman-mu bisa memaafkanmu.
Film Cars 2
Image Source: http://bit.ly/1GRkoKP

4. Menghadapi teman yang telah menganggap kamu sebagai musuh.

Manusia memang tak pernah lepas dari kesalahan. Sebagai penutup, timeslib memberi saran buat kamu agar selalu mempertimbangkan setiap perbuatan terhadap teman-temanmu. Jika kamu tidak ingin teman kamu melukaimu, janganlah melukai teman-temanmu.
Jika sudah terlanjur berbuat salah, kita sangat wajib meminta maaf dan berjanji untuk tida mengulanginya lagi. Jelaskan kepadatemanmu kenapa kamu melakukan hal yang tidak disukainya, hanya bercanda dan lain sebagainya, mungkin dengan begitu teman kamu akan mengerti dan memberi maaf.
Sanji vs Zoro
Image Source: LadyBad on http://bit.ly/1EfNNbw
Kalau teman kita sudah tidak mau memaafkan dan menganggap kita musuh, janganlah menganggap dia sebagai musuh juga, tetap anggap dia sebagai temanmu. Dia menganggap kita sebagai musuh pasti ada alasannya. tetap hargai dia. Pasti suatu saat dia akan memaafkanmu juga.
Perselisihan dalam sebuah pertemanan menandakan bahwa pertemanan tersebut mulai erat dan mungkin menjadi tak terlupakan. Ada lagi quote dari Bartolomeo tentang arti kata teman:

“Pria yang bertarung bersama adalah sekutu (atau teman)”

Pria yang bertarung bersama adalah sekutu tau teman
Image Source: http://bit.ly/1wKyRER

Penutup dari saya, sebagai manusia biasa, pasti punya banyak kesalahan, maafkan aku teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here