Ketika ingin memuat website, apa sih yang perlu kita pelajari? Sebenarnya sederhana (kata master yang sudah ahli), tidak rumit jika kita belajar dari awal, jangan kita langsung berhadapan dengan yang rumit. etika kita mempelajari dari awal hingga ke tingkat yang lebih tinggi, kita akan bisa memahami. Memahami apa? Dalam membangun sebuah web, kita perlu memahami beberapa dasar – dasar yang diperlukan untuk membangun sebuah web itu sendiri. Paling tidak, pembuat web pemula harus mengerti apa itu HTML, PHP dan MySQL. Tidak hanya mengerti secara istilah, kita harus tahu kegunaan dan perbedaan masing-masing. Ketiga ini saling berhubungan dan tidak terpisahkan agar web bisa berjalan dengan lancar.

</>

Mengenai teknologi HTML, PHP dan MySQL. Menurut Adhi Prasetyo (2011: 27) dalam bukunya Buku Pintar Webmaster, menyatakan:

“Menurut saya, pertanyaan tersebut (tentang kegunaan dan perbedaan HTML, PHP dan MySQL) sangat penting untuk diajukan terutama utuk pemula. Pada dasarnya, konsep utama yang perlu Anda pahami tentang proses pembuatan website dinamis memang seputar konsep hubungan antara 3 teknologi utama pendukungnya yaitu HTML, PHP dan MySQL.”

Pertama kita membahas tentang MySQL, MySQL adalah sebuah database, Anda bisa membayangkan bahwa database dalah sebuah tempat penyimpanan. Sebagai contoh, jika membuat sebuah blog atau website, dan di dalamnya terdapat artikel, maka artikel tersebut tersimpan dalam MySQL. Menurut Widi Hastomo (2013) dalam webnya hastomo.net, MySQL adalah sistem manajemen database SQL yang bersifat Open Source dan paling populer saat ini. Sistem Database MySQL mendukung beberapa fitur seperti multithreaded, multi-user, dan SQL database managemen sistem (DBMS). Database ini dibuat untuk keperluan sistem database yang cepat, handal dan mudah digunakan.

Yang kedua, kita bahas tentang PHP. Kelanjutan dari MySQL sebagai tempat penyimpanan data, dan jika ada orang yang berkunjung atau membuka web kita, maka perlu adanya sebuah pemanggilan terhadap data-data yang ada di MySQL web kita, yaitu dengan PHP. Fungsi PHP sebenarnya banyak, salah satunya adalah mysql_query, yang berfungsi memanggil data yang tersimpan dalam MySQL. Setelah data tadi ditemukan, PHP mengirimkan hasilnya ke web browser, fungsi PHP ini disebut echo().

Hasil yang dipanggil oleh PHP tadi akan muncul di web broser kita, dalam bentuk HTML. HTML dalam wikipedia.com adalah:

“Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).”

Kira-kira seperti gambaran sebuah web berjalan. Namun hal ini adalah simulasi jika web itu sudah selesai dibuat. Untuk pembuatannya, itu menjadi tugas pembuat web tersebut.

Dalam membangun sebuah web, yang perlu dipelajari untuk pemula adalah bagaiamana menyusun ketiga teknologi dasar tadi. Untuk pembangunan web tingkat lanjut, pembuat web bisa menggunakan bumbu tambahan berupa CSS, JAVASCRIPT dan JQUERY.

Setelah belajar tentang HTML, PHP dan MySQL si pembuat web bisa menningkatkan ke tingkat yang lebih lanjut dengan belajar tentang CSS, JAVASCRIPT dan JQUERY. Sekarang kita bahas tentang ketiga teknologi ini.

Pengertian CSS menurut Ficri Pebriani dalam webnya ficripebriani.com menyatakan bahwa:

“CSS3 adalah versi terbaru dari CSS yang sebelumnya merupakan CSS2 dan CSS1. CSS1 ini dikembangkan berpusat pada pemformatan dokumen HTML, CSS2 dikembangkan untuk bisa memenuhi kebutuhan terhadap format dokumen agar bisa ditampilkan di printer, sedangkan CSS3 merupakan versi terbaru dari CSS yang mampu melakukan banyak hal dalam desain website maupun blog.”

Sebenarnya CSS, JAVASRIPT dan JQUERY memiliki fungsi yang sama yaitu membuat web lebih interaktif dan menarik. Alangkah baiknya membangun sebuah web itu menyesuaikan dengaan kebutuhan. Tidak seenaknya kita sebagai si pembuat, kita harus memikirkan juga apa yang diinginkan oleh pengguna atau pengunjung web kita.

Sebagai tambahan. Selain HTML, kita juga bisa belajar tentang XML, apa itu XML? Menurut Yogi Erlangga dalam blognya menyatakan:

“XML (eXtensible Markup Language) merupakan bahasa web turunan dari SGML (Standart Generalized Markup Language) yang ada sebelumnya. XML hampir sama dengan HTML, dimana keduanya sama-sama turunan dari SGML. Teknologi XML dikembangkan mulai tahun 1966 dan mendapatkan pengakuan dari Worl Wide Web Consortium (W3C) pada bulan Februari 1998. Sedangkan SGML sendiri telah dikembangkan pada awal tahun 1980-an. Pada saat HTML dikembangkan pada tahun 1990, para penggagas XML mengadopsi bagian paling penting SGML dan dengan berpedoman pada pengembangan HTML menghasilkan bahasa markup yang tidak kalah hebatnya dengan SGML.”

XML ini biasa digunakan jika kita mengggunakan Blogger atau blogspot. Beda jika kita menggunakan wordpress yang tidak menggunakan XML.

Artikel ini sebelumnya saya buat untuk memenuhi tugas mata kuliah literasi dengan dosennya Bu Sri. Artikel ini memiliki banyak sumber, yakni 5, bisa dilhat di daftar pustaka di bawah ini.

Daftar Pustaka:

Anonim. 2015. HTML. Dalam http://bit.ly/1b39d4q. Diakes pada hari Rabu, 11 Maret 2015 Pukul 18.00 WIB
Erlangga, Yogi. 2012. Pengertian dan Contoh Program XML. Dalam http://bit.ly/1B76prR. Diakses pada hari Rabu, 11 Maret 2015 Pukul 19.00
Hastomo, Widi. 2013. Pengertian dan Kelebihan Database MySQL. Dalam http://bit.ly/18dHzQy.  Diakses pada hari Rabu, 11 Maret 2015 Pukul 20.30
Pasetyo, Adhi. 2011. Buku Pintar Webmaster Untuk Pemula. Jakarta: mediakita.
Pebriani, Ficri. 2014. Pengertian CSS (Cascading Style Sheets). Dalam <http://bit.ly/1L0aAku. Diakses pada hari Rabu,11> Maret 2015 Pukul 18.01

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here