Ponsel

Kehadiran ponsel bagi kehidupan manusia memang telah merubah total pola pikir. Dari yang sebelumnya tak pernah tepikirkan untuk saling berkomunikasi jarak jauh namun kini manusia dapat dengan mudah berkomunikasi antar belahan dunia sekalipun.

nokia jadul
Google Image Search: “nokia jadul”

Sebelum ponsel mulai banyak digunakan, orang – orang masih menggunakan telepon. Baik telepon rumah bagi yang memiliki uang lebih, maupun telepon umum agar memudahkanorang menemukan telepon di pinggir jalan. Dengan kehadiran ponsel, posisi telepon sebagai alat komunikasi mulai ditinggakan dan beralih ke ponsel.

Adegan di Film SuckSeed
Suck Seed

Ponsel (telepon seluler atau telepon genggam) menjadi bisnis yang menjanjikan. Banyak perusahaan yang menanungi bisnis ini, seperti Nokia, Siemens, Motorola, Ericson, dll. Pernah ingat merek BlackBerry? Yang pernah jaya di tahun 2011 hingga kira – kira tahun 2013. BlackBerry hampir ada di setiap genggaman orang- orang berduit. Fitur BBM-nya menjadi senjata bisnis mereka. Namun karena kalah bersaing dengan Android (Sistem Operasi yang digunakan pada perangkat layar sentuh – dikembangkan oleh Google dari kernel Linux, digunakan banyak merek) dan Apple, kini nama BlackBerry mulai jarang didengar, hanya tinggal BBM saja yang dulu sebagai senjata BlackBerry, namun kini dapat digunakan di hampir setiap platform. Persaingan antar merek ini sangat mempengaruhi cepat berkembangnya teknologi ponsel.

Smartphone
Image Source: techotv.com

Bagaimana dengan Anda? Apakah mengikuti perkembangan ponsel? Apakah Anda pengguna Android? Baca juga Nama – nama Android untuk melihat perkembangan Android dari awal hingga Lollipop. Atau Anda masih setia dengan BlackBerry? BlackBerry dengan sistem operasi terakhirnya yakni OS 10 sebenarnya sudah banyak melakukan banyak perubahan untuk bersaing dengan Android dan Apple. Dahulu, smartphone BlackBerry banyak menggunakan trackball.

Trackball Blackberry
Image Source: http://bit.ly/1E7leNn

Setelah itu BlackBerry punya inovasi baru untuk mengatasi kelemahan trackballnya yang sering sendat atau rewel. Yakni menggunakan trackpad. Fungsinya masih sama layaknya trackball, namun sudah tidah tidak menggunakan bola mungil lagi dan lebih awet ketimbang trackball. Ketika Android sudah mulai naik daun dengan layar sentuhnya, BlackBerry juga ikut serta dalam menyediakan smartphone dengan layar sentuh, namu tetap menggunakan OS BlackBerry sendiri. Mungkin hal ini yang menyebabkan pengguna BlackBerry kian menurun drastis hingga dikabarkan bangkrut. Kenapa? OS BlackBerry dinilai kurang mampu bersaing dengan Android. Kini BlackBerry tidak fokus di industri smartphone. Terbukti, senjata andalan BlackBerry, BBM telah banyak digunakan di platform lain, namun di dalamnya terdapat iklan, hal yang tidak ditemukan pada BBM di smartphone BlackBerry terdahulu.

Tunggu Part 3-nya ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here