Alasan Memilih Kuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan

1
376

Kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan memang bukan pilihan banyak orang. Butuh alasan dan pertimbangan yang matang untuk bersedia belajar menata buku. Cuma menata buku kok kuliah? Bukan hanya jurusan Ilmu Perpustakaan saja yang membutuhkan alasan yang kuat dan pertimbangan yang matang. Semua jurusan tak terkecuali jurusan Ilmu Perpustakaan, membutuhkan alasan dan pertimbangan serta dukungan dari orang terdekat/orang tua.

Alasan Memilih Kuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan

Apa sih Jurusan Ilmu Perpustakaan itu?

Memilih Ilmu Perpustakaan
Image Source: www.ui.ac.id
Sebelum masuk ke alasan kenapa Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan, perlu diketahui apa itu jurusan Ilmu Perpustakaan. Jurusan Ilmu Perpustakaan jelas adalah prodi atau jurusan yang mencetak calon-pustakawan. Sudah jelas? Menjadi pustakawan juga harus kuliah to? Emang kuliahnya ngapain aja? Yuk kita lihat. Kuliah seperti apakah di jurusan Ilmu Perpustakaan.

Apa sih yang dipelajari di Jurusan Ilmu Perpustakaan?

Kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan jelas untuk mempersiapkan mahasiswa untuk bisa bekerja di perpustakaan sungguhan. Perpustakaan sendiri adalah lembaga yang berkembang, maka dari itu, pustakawannya juga harus berkembang. Dari yang sebelumnya hanya menggunakan manual, mulai beralih menggunakan teknologi yang semakin canggih. Oleh karena itu, pustakawan diharuskan belajar teknologi dan informasi walaupun hanya sebatas user atau pengguna. Selain teknologi, pustakawan juga harus belajar mengolah perpustakaan (analisis subyek, katalogisasi, kearsipan, manajemen perpustakaan, klasifikasi, preservasi-konservasi, literatur dan lain lain), ini yang penting, yang membedakan jurusan Ilmu Perpustakaan dengan jurusan teknologi informasi, yaitu bisa mengolah perpustakaan. Calon pustakawan belajar teknologi? Apa aja sih yang dipelajari? Karena sebatas sebagai user, yang dipelajari tidak sampai sesulit di jurusan teknologi informasi. Yaitu belajar dasar-dasar teknologi hingga batas yang dibutuhkan sebagai calon pustakawan (menggunakan komputer; membangun, instalasi, jaringan, aplikasi pengolah kata/angka, internet, desain web, otomasi dan lain lain).
Setelah teknologi, mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan juga belajar banyak mata kuliah lain seperti filsafat ilmu, statistik, bahasa, psikologi pemakai, etika profesi, ergonomi dan masih banyak lagi, belum lagi tergantung di fakultas apa jurusan ini berada, mata kuliah bisa bertambah, dan ditambah lagi mata kuliah wajib dari universitas. Sebagai contoh, jurusan Ilmu Perpustakaan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, karena termasuk universitas Islam, maka ada banyak mata kuliah agama yang wajib. Jurusan Ilmu Perpustakaan di UIN Sunan Kalijaga berada di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Oleh karena itu, mahasiswa Ilmu Perpustakaan di UIN Sunan Kalijaga juga diwajibkan belajar tentang budaya (Sejarah Kebudayaan Islam, Islam dan Budaya Lokal, da lain lain), selain itu juga harus belajar lagi bahasa Inggris serta Arab. Padahal dari Universitas sudah ada, namun karena berada di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, mahasiswa Ilmu Perpustakaan harus belajar dua mata kuliah bahasa (Inggris-Arab) ini dua kali. Jika jurusan Ilmu Perpustakaan bukan di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, melainkan di fakultas lain semisal Fakultas Teknik, pasti jurusan Ilmu Perpustakaan juga diharuskan belajar sedikit tentang teknik. Lhoh kok gitu? Karena memang di negara kita Indonesia, jurusan Ilmu Perpustakaan ini memang belum dipertimbangkan keberadaanya. Namun kita semua berharap, jurusan yang mempunyai peran penting dalam proses mencerdaskan bangsa ini bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya. Dan bisa dipandang layaknya jurusan penting lain seperti kedokteran.

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan

Setelah kita tahu apa itu jurusan Ilmu Perpustakaan dan proses kuliahnya seperti apa, mari kita bahas, mengapa Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan? Alasannya apa. Nah, sebenarnya apa sih yang orang cari dari kuliah? Pekerjaan bukan? Untuk mencari uang dan menjadi bagian dari masyarakat yang bisa dipandang lebih, karena telah mengenyam pendidikan setingkat lebih tiggi dari SMA. Kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan ini sudah pasti mahasiswanya diarahkan, diajarkan untuk menjadi pustakawan. Berikut ini adalah alasan kenapa memilih ingin menjadi Pustakawan (Tahukan apa itu Pustakawan? Orang yang bertugas mengelola Perpustakaan):

Gaji

Secara umum, orang-orang melihat derajat orang pertama kali dari banyaknya gaji. Gaji Pustakawan memang tidak banyak jika dibandingkan dokter. Namun jika Pustakawan itu PNS (Pegawai Negeri Sipil), masih bisa disejajarkan dengan gaji guru atau dosen yang PNS juga. Jangan bandingkan dengan dokter, dari biaya kuliah pun sudah tidak sebanding. Jika merasa kurang dengan gaji yang ada, bisa juga mendobel pekerjaannya. Semisal menjadi dosen (melanjutkan kuliah S2).

Pekerjaan yang Mudah?

Kerja pustakawan itu apa sih? Banyak yang bilang cuma menata buku. Sebenarnya tidak hanya itu. Banyak hal yang harus dilakukan oleh Pustakawan. Namun jika dijalani dengan senang hati (suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan buku), menjadi pustakawan tidaklah sulit atau malah bisa jadi menyenangkan. Banyak orang yang ingin ke perpustakaan untuk membaca buku. Jika menjadi pustakawan, pasti memiliki banyak waktu untuk membaca buku kan? Hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri menjadi seorang pustakawan.

Biaya Kuliah yang Tidak Mahal

Biaya yang harus dikeluarkan untuk kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan memang tidak banyak, sesuai dengan biaya yang diterapkan kampus masing-masing. Mungkin yang diperlukan hanya uang untuk ruang praktek dan uang untuk membeli buku. Calon pustakawan harus terbiasa dengan banyak buku. Mahasiswa Ilmu Perpustakaan juga sering mendapat job di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi untuk mengolah perpustakaannya, yang pastinya akan menambah pemasukan uang jajan mahasiswa.

Kuliahnya Cepat Kelar

Kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan bisa diselesaikan dengan tujuh semester. Cepat kan? Namun hal ini kembali pada mahasiswanya. Tidak hanya jurusan Ilmu Perpustakaan saja, semua jurusan juga begitu, jika mahasiswanya rajin dan memiliki target, pasti bisa lebih cepat selesai kuliah.

Kuliahnya Asik

Memilih Ilmu Perpustakaan
Kegiatan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan
Apapun yang kita jalani jika dilakukan sepenuh hati pasti akan lancar dan mengasikkan. Kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan memiliki keasikan seperti halnya jurusan lain yang pastinya memiliki keasikan tersendiri juga. Di Jurusan ini kita akan banyak berurusan dengan buku, yang jarang ditemukan di jurusan lain. Jika kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga, mahasiswa akan bertemu dengan banyak dosen yang asik, seru dan membuat mahasiswa betah datang ke kampus.

Persaingan Kerja yang Mudah?

Perguruan tinggi yang terdapat jurusan Ilmu Perpustakaan di Indonesia memang tidak sebanyak universitas yang menyediakan jurusan lainnya (jumlahnya 30-an, bisa dibilang sedikit jika dibanding dengan jumlah seluruh perguruan tinggi di Indonesia). Padahal, jumlah perpustakaan di Indonesia pastinya sangatlah banyak (perpustakaan sekolah, perguruan tinggi, umum/daerah dan perpustakaan nasional). Jika pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan bahwa setiap perpustakaan wajib menggunakan jasa lulusan mahasiswa Ilmu Perpustakaan, maka semua lulusan jurusan mahasiswa Ilmu Perpustakaan memiliki peluang yang besar untuk bekerja di Perpustakaan. Kenyataannya? Apakah pemerintah menerapkan hal ini? Di beberapa daerah, banyak sekolah-sekolah yang sudah mulai menerapkan hal ini, demi kemajuan perpustakaannya maupun hanya demi persyaratan tertentu saja. Biasanya yang menjadi target seorang calon pustakawan adalah di perpustakaan Nasional, daerah, atau perguruan tinggi, namun karena persaingan yang mulai ketat, menjadi pustakawan di sekolah-sekolah bisa menjadi awal karir atau batu loncatan, sebagai proses mencari pengalaman dan mengabdi. Jika tidak bekerja di perpustakaan, lulusan Ilmu Perpustakaan bisa bekerja di lembaga-lembaga yang menerima semua jurusan (contohnya; bank yang menerima semua jurusan).

Recommended?

Coba baca artikel dari beberapa web lain yang menyimpulkan bahwa Ilmu Perpustakaan bisa menjadi suatu pilihan yang bagus. Langsung aja klik link di bawah ini untuk melihat rekomendasi dari beberapa web besar:

Mungkin itu saja yang bisa Timeslib Magz berikan tentang Alasan Memilih Kuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan. Sebenarnya semua jurusan perkuliahan itu akan menyenangkan, menguntungkan, nyaman atau malah sebaliknya, itu tergantung dari mahasiswanya. Saran dari kami, jalani saja kuliah dengan tanggung jawab. Tanggung jawab telah memilih jurusan apapun itu, tanggung jawab akan apa yang telah orang tua kita percayakan kepada kita, dan tanggung jawab sebagai mahasiswa.

Artikel ini diolah dari pengamatan terhadap teman-teman jurusan Ilmu Perpustakaan di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Serta mengambil dari apa yang telah kami serap dari kata-kata yang diberikan oleh dosen jurusan Ilmu Perpustakaan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here