Jepang sejatinya memang dikenal sebagai penghasil komik kartun terbesar sedunia.  Kelihaian Negeri Sakura dalam menggambar tokoh animasi kartun terlihat dari tuangan seni tulisan yang terlihat rumit (huruf kanji). Sehingga tidak diragukan lagi, negeri matahari terbit yang kental kebudayaannya ini terus melahirkan orang-orang yang kreatif dalam menggambar tokoh komik atau manga.

Image Source: www.komikfox.net

Kepiawaian masyarakat jepang dalam menggambar tokoh komik atau manga, membuat jepang dikenal diseluruh dunia. Mulai dari segi permainan, industri manga-anime, seni berpakaian, hingga bahasa. Contoh yang paling populer ialah komik atau manga. Sehingga tak jarang tokoh komik atau manga ini kemudian dijadikan industri perfilman yang menghiasi layar televisi kita sehari-hari.
Keberhasilan jepang ini turut menginspirasi masyarakatnya terutama kaum muda dalam berkreatifitas untuk terus melahirkan bibit-bibit muda dalam menggambar tokoh komik atau manga. Hal ini terlihat dari jumlah produksi manga yang sudah tidak terhitung lagi.

Kali ini mari kita bahas sebagian dari komik-komik Jepang yang sudah mendunia, baik yang masih ongoing maupun yang sudah tamat. Komik atau manga yang kita bahas kali ini adalah komik yang pernah mengisi televisi Indonesia.

Doraemon

Doraemon
Image Source: jurnalotaku.com
Komik yang dikarang pertama kali oleh Fujiko F. Fujio ini sempat dikabarkan akan tamat dengan Filmnya yang berjudul “Stand By Me”. Doraemon dimulai sejak tahun 1969. Mengisahkan seorang anak bernama Nobita yang berteman dengan kucing robot yang dikirim dari masa depan untuk membantu Nobita mengubah nasibnya di masa yang akan datang.

Detektif Conan

Detektif Conan
Image Source: www.conan-magic.com

Berkisah tentang remaja usia 17 tahun, Sinichi Kudo yang karena suatu hal, dirinya mendapati tubuhnya telah menyusut mejadi 7 tahun lebih muda. Manga buatan Gลshล Aoyama ini mulai terbit dari 8 Januari 1996 dan masih berstatus ongoing (masih berlanjut) hingga sekarang. Kisah-kisahnya memecahkan misteri dan pembunuhan menjadi cerita yang menarik untuk diikuti.

Rurouni Kenshin

Rurouni Kenshin
Image Source: www.mangahere.co

Lebih dikenal dengan nama Samurai X. Mengisahkan seorang pembantai yang taubat dengan caranya sendiri. Manga ini ditulis dan diilustrasikan oleh Nobuhiro Watsuki. Mulai terbit sejak tahun 1994. Manga ini sudah dibuat versi filmnya, dan laris ditonton di seluruh dunia.

Bleach

Bleach
Image Source: niiii-link.deviantart.com

Meskipun bukan satu generasi dengan manga tahun 90 an, Bleach memang mampu menyedot perhatian penggemar manga. Banyak istilah-istilah yang digunakan dalam manga ini, seperti Shinigami (Dewa Kematian) Hollow (roh jahat), dan Soul Society (masyarakat roh). Pemeran utamanya bernama  Ichigo Kurosaki, anak SMA yang bertemu dengan Shinigami bernama Rukia Kuchiki saat berburu roh jahat. Karena Rukia Kuchiki terluka, ia terpaksa memindahkan kekuatan Shinigaminya ke tubuh Ichigo, di sinilah awal cerita Bleach dimulai. Petualangan Bleach dirilis pada tahun 2001.

Captain Tsubasa

Captain Tsubasa
Image Sourse: www.mangareader.net

Petualangan seru yang bisa memacu anak-anak suka dengan olahraga sepakbola ini dulu sempat populer lho. Bahkan anak-anak banyak yang hapal dengan lirik-lirik lagu anime-nya. Captain Tsubasa dikarang oleh Yลichi Takahashi. Pertamakali dipublikasikan tahun 1997 di Jepang. Ayo siapa yang kenal lengkap pemain-pemainnya? Masih inget Tsubasa dulu pertamakali main untuk klub mana?

Dragon Ball

Dragon Ball
Image Source: www.pinterest.com

Masa bahagia adalah minggu pagi bersama Dragon Ball. Duh nostalgia banget. Teman-teman ada yang nonton dari awal sampai akhir? Tidak diragukan lagi, cerita dari manga ini memang sangat menarik. Pegarangnya adalah Alkira Toriyama. Manga ini masih masuk dalam 3 besar Manga terlaris di seluruh dunia.

Naruto

Naruto
Image Source: madarauchiha.com

Manga favorit yang sudah tamat ini masih teringat jelas dalam ingatan. Naruto, di dalamnya memiliki alur cerita yang menarik dan tidak bosan untuk dibaca, dibaca dan lanjut membaca hingga akhirnya selesai dan tamat. Banyak cerita-cerita di dalamnya yang tidak terduga, dan mengharukan. Banyak mengisahkan pemuda (ninja) dengan latar belakang yang hampir sama, Naruto, remaja pembuat onar dengan masa lalu tanpa orang tua dan selalu dikucilkan. Sasuke, remaja dengan beban dendam kepada kakaknya karena telah membunuh klan uchiha. Gaara, remaja yang disebut monster oleh teman-temannya. dan masih banyak lagi kisah-kisah menarik di dalamnya. Sungguh luar biasa, karya Masashi Kishimoto ini.

One Piece

One Piece
Image Source: animeindo.co.id

Kali ini yang terakhir, maha karya Eichiro Oda. One Piece. Tokoh-tokoh dalam cerita ini sungguh menarik, cerita yang dibuat pun sangat kaya, sangat luas dan imajinatif sekali. Eichiro Oda bebas mengarang cerita One Piece, dari segi tokoh, bentuk dunia, hingga sejarah ceritanya. Salah satu yang menarik dari manga ini ialah kemiripan bentuk fisik dunia di One Piece dengan di dunia nyata.

Apakah ada maksud dibalik semua itu? Manga yang sudah terbit sejak tahun 1997 ini sudah memiliki 777 chapter dan masih berlanjut, bahkan jalan ceritanya pun bisa dibilang masih separuh perjalanan. Monkey D. Luffy dan teman-temannya di kelompok bajak laut Mugiwara (topi jerami) ini sedang mengahadapi kekejaman Doflamingo bersama antek-anteknya.

Pertarungan hebat ini akan menjadi awal cerita perjalanan Luffy di Dunia Baru. Apakah Luffy bersama teman-temannya dan Trafalgar Law mampu mengalahkan Sichibukai Doflamingo? Seperti musuh-musuh Luffy yang sebelumnya? Jika cerita di Dressrosa selesai, perjalanan hebat akan menanti mereka, karena mereka bakal menghadapi seorang Yonkou (4 bajak laut terhebat). Bahkan di luar Dressrosa, Luffy dkk telah ditunggu oleh Yonkou yang lain karena permasalahan permen.

Cerita One Piece dari awal hingga Dressrosa ini sungguh menarik, setiap tokoh memiliki kepribadian yang unik. Juga sang kapten, Luffy walaupun bodoh, ia punya semangat yang kuat untuk mencapai tujuannya sebagai Raja Bajak Laut. Luffy rela mati untuk tujuannya yang satu ini.
Saking menariknya cerita manga ini, tak heran kini One Piece menjadi manga terlaris nomor 1 di dunia.
Sebenarnya masih ada ratusan manga Jepang yang terkenal dan hebat, seperti Fairy Tail, Crayon Shin-chan, Hunter X Hunter, dll. Namun cukup 8 judul manga yang Timeslib berikan untuk Sobat. Terimakasih telah memilih Timeslib untuk referensi bacaan. Bagi Sobat yang menyukai artikel atau konten di timeslib.com ini silakan share ke teman-teman Sobat di Facebook dengan klik menu share di bawah. Semua informasi-informasi di situs Timeslib adalah gratis, silakan dimanfaatkan sebaik-baiknya (namun jangan kopas untuk diupload kembali). Artikel ini diolah dari Wikipedia.

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here