Nama nama Android

0
375

Siapa yang tidak kenal Android? Android merupakan sistem operasi berbasis open source, yang mulai dirilis tahun 2007. Android digunakan pada awalnya untuk perangkat layar sentuh. Pernah saya dengar dari dosen, dahulu android digunakan pada kamera. Android sebenarnya didasarkan kernel linux. dan dikembangkan atau bisa dibilang, dibuat oleh Google. Google saat itu sedang mengembangkan ponsel Google dengan sistem operasi yang mereka namai Android.

Android pertama kali digunakan oleh merk ponsel HTC. Android kala itu masih versi 1.0 1.1 (tahun 2008) di tahun 2009 ada Android Alpha dan Android Beta. Tidak seperti sekarang versi-versi setelahnya menggunakan nama makanan. Akan saya coba uraikan nama versi-versi Android hingga versi terakhir Lollipop.

Versi Android dengan nama makanan dimulai pada versi 1.2, dengan nama Cupcake. Nama ini digunakan sampai versi 1.5.

Setelah Cupcake, Android versi 1.6 menggunakan nama Android Donut yang dirilis bulan September 2009, fiturnya kala itu masih sederhana, sebatas foto, video, dan layar yang lebih besar dari pada pendahulunya.

Oktober 2009. Android menambahkan fitur Bluetooth 2.1, multi touch, live wallpaper dan flash pada kamera yang bias dizoom. Nama Android versi 2.0 – 2.1 ini adalah Eclair (makanan penutup berbentuk panjang dengan lapisan coklat dia atasnya).

Selanjutnya Froyo, makanan apa Froyo? Froyo diambil dari kata Frozen Yoghurt (yoghurt dingin). Nama Froyo diberikan untuk Android versi 2.2 – 2.2.3. Android Froyo dirilis bulan Mei 2010, yang baru di Froyo ini adalah kecepatan yang lebih baik dan pengdopsian Javascript dari browser Google Chrome dengan fitur-fiturnya.

Jaman sekarang semua pemakai Android menggunakan minimal seri Gingerbread, seri Android 2.3 – 2.4 yang pertama dijajal oleh produsen Samsung. Gingerbread masih bias ditemukan di tablet, karena memang seri ini ialah yang terlama, dan masih digunakan penggunanya karena fiturnya yang cukup mumpuni. Bahkan sejak adanya android Gingerbread ini penjualan BlackBerry dan Apple menurun. Fitur yang menonjol di versi ini disbanding sebelumnya adalah adanya download manager. Kata Gingerbread untuk telinga Indonesia seperti bukan nama makanan, namun Gingerbread berarti cookies rasa jahe.

Februari 2011. Muncul versi baru 3.0 dengan nama Honeycomb (makanan tahun 1965: sereal manis yang terbuat dari jagung dengan rasa madu yang berbentuk sarang lebah). Generasi lanjutan Gingerbread yang dikhususkan untuk tablet. Hingga versi 3.2 Android memakai nama Honeycomb.
Smartphone dengan OS Android sudah sangat popular hingga keluar Android Ice Cream Sandwich (4.0). seri ini dirilis tanggal 19 Oktober 2011. Untuk fitur tidak jauh berbeda namun semuanya dioptimalkan. Nama Ice Cream Sandwich diambil dari makanan dimana lapisan es krim yang biasanya berupa vanila yang terjepit antara dua cookies coklat, dan biasanya berbentuk persegi panjang.

Nama Ice Cream Sandwich hanya digunakan pada versi 4.0 saja. Versi 4.1 yang dirilis pada konferensi Google I/O 27 Juni 2012 dinamakan Jelly Bean. Versi ini lebih halus, cepat, mudah, dan indah. Indah? Mudah cepat dan indah dengan pengalaman pencarian Google di Android ini. Jelly Bean di bahasa Indonesia adalah kacang jeli. Kacang jeli ini sampai versi 4.3.

Di setiap rilis versi baru, Android pasti tampil memukau pengguna namun juga membuat greget penggunanya lantaran versi-versinya cepat ketinggalan jaman karena versi baru lainnya muncul. Bentuk Smartphone-nya rata-rata sama, hanya sebuah layar sentuh yang masing-masing merk mengklaim memiliki kehebatan tersendiri. Seperti Sony dengan tahan airnya, Samsung yang user-friendly, kuat dan canggih, Lenovo yang murah spesifikasi tinggi. Pembeli semakin bingung memilih. Mau beli ini, besok keluar yang lebih bagus? Lebih lebarlayarnya? Karena itu, di setiap rilis versi baru, Android akan memberi kepuasan lebih dibanding versi sebelumnya. Setimpal dengan harga lebih yang harus dibayar pembeli. Oktober 2013 Android merilis versi 4.4 atau KitKat yang lebih hebat dan lebih mahal dibanding Jelly Bean.

KitKat sudah berumur setahun lebih, kecanggihannya sudah digeser oleh adik barunya Lollipop (5.0) yang sudah dirilis tahun 2014 bulan Oktober. Sekian kali merilis versi baru, harga Smartphone Android versi baru akan menjadi harga yang tinggi. Berminat dengan Android? Sebaiknya jangan tergila-gila dengan tren Smartphone baru karena tiada habisnya, pilih sesuai kebutuhan.

sumber gambar: smartkeitai.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here