20+ Cara Aplikasi HP Ponsel Menghasilkan Uang untuk Pemula

11 min read

Cara Bisnis HP Ponsel

Cuma bermodal HP ponsel bisa menghasilkan uang untuk pemula ? Anda mungkin skeptis ketika mendengarnya. Namun, jangan pandang sebelah mata dahulu. Saat ini, sudah banyak cara yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan telepon selular HP. Tentunya, dengan tambahan koneksi internet untuk melancarkan aksi Anda. 

Nah, di artikel ini, kami akan memberitahukan cara-cara menghasilkan uang dari HP untuk pemula yang bisa Anda coba.

Kalau bisa menerapkan strategi yang tepat, Anda bisa meraup keuntungan dari ponsel. 

Pasar Online Indonesia

HP ponsel telepon selular sekarang menjadi bagian tidak terpisahkan buat mayoritas penduduk Indonesia. 

Lihat statistik berikut ini di 2020 (sumber: WeAreSocial):

  • Ada 175 juta pengguna internet di Indonesia pada Januari 2020, dengan penetrasi internet mencapai 64% dari masyarakat
  • Pengguna internet meningkat tajam sebanyak 25 juta (naik +17%) dari 2019 ke 2020

Peluang pasar yang luar biasa besar. Dan seiring bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia, pasar online akan ikut terus tumbuh.

Kejadian pandemi di awal 2020 menunjukkan pentingnya dan besarnya potensi pasar online. Banyak orang terpaksa tinggal di rumah yang membuat peluang menjual produk online makin besar.

Bagaimana mencari uang dari pasar internet yang sedemikian besar ini ?

The good thing adalah menghasilkan uang dari pasar online yang besar ini cukup mudah dan tidak perlu modal besar.

Anda cukup punya ponsel, sudah bisa mulai menghasilkan uang. Sangat bisa dilakukan oleh pemula.

20+ Cari Uang dari HP

Bisnis Online HP Ponsel

Berikut ini beberapa cara menghasilkan uang dari HP yang dapat Anda coba. 

1. Social Media Admin

Di zaman serba digital saat ini, hampir semua bisnis menerapkan strategi digital marketing. Termasuk salah satunya, menjalankan social media marketing. Hal ini menyebabkan lowongan untuk memanajemen media sosial bisnis sangatlah dibutuhkan. 

Syaratnya Anda perlu memiliki beberapa skill, seperti copywriting, membuat konten untuk caption, dan riset konten sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Nah, untuk tugas yang Anda lakukan adalah: 

  • Membuat konten untuk postingan 
  • Membuat content strategi 
  • Membalas komentar audiens 
  • List building (mengumpulkan data) 
  • meningkatkan followers 
  • meningkatkan engagement

Tenang saja, semua itu bisa Anda pelajari kok. Jadi, kalau Anda tertarik untuk melakukan cara ini, bisa mempelajarinya mulai dari sekarang. Dengan bermodalkan HP, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan. 

Jangan salah, beberapa perusahaan besar berani menggaji Anda dengan gaji yang lumayan besar. Jadi, asah terus skill Anda dalam social media marketing. 

Anda bisa mempelajarinya melalui course online yang tersedia di berbagai platform, seperti HubSpot Academy, Udemy Course, Masterclass, dan masih banyak lagi. 

2. Menjadi Influencer 

Menjadi Influencer saat ini mungkin menjadi impian beberapa orang. 

Pasalnya, penghasilan menjadi seorang influencer saat ini bisa begitu fantastis. Untuk influencer terkenal seperti Awkarin, misalnya. 

Dalam sekali posting produk di Instagram storiesnya, Awkarin meraup untung sekita 3-5 juta. Bayangkan berapa produk yang Ia endorse setiap harinya.

Modalnya tentu saja dengan media sosial dan HP Anda. Namun, untuk bisa sukses menjadi influencer membutuhkan proses yang tak sebentar. 

Anda juga perlu membangun personal branding yang baik. 

Posting foto-foto dan konten yang menarik untuk menarik banyak followers. Anda juga perlu aktif dalam bermedia sosial.  Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan banyak followers. 

Selain itu, Anda juga bisa mulai iseng-iseng mereview produk yang Anda gunakan. Dengan sering mereview produk, kemungkinan beberapa pemilik bisnis yang melihat postingan Anda akan tertarik mengendorse Anda.

3. Bermain Game HP 

Siapa yang hobi bermain game? Kalau salah satu yang hobi bermain game, inilah saatnya hobi Anda bisa menghasilkan uang. 

Anda hanya perlu bermain game di HP Android sampai pada level tertentu. Setelah itu, Anda bisa coba untuk menjual akun tersebut kepada orang lain. Game yang dapat Anda mainkan misalnya, Mobile Legend. 

Bahkan, ada yang pernah melelang akun game tersebut sebesar 12 juta. Spesifikasi biasanya level minimal 30 II server iOS, diamond 12 ribu dan skin lebih dari 40.

Nah, selain menjual akun game yang dimainkan, Anda juga bisa menjadi joki atau bermain untuk akun orang lain. Tugasnya menaikkan level dan skill akun tersebut. 

Nah, jadi jika Anda sangat gemar bermain game, cobalah terapkan cara ini untuk mendapatkan penghasilan dari HP Android Anda. 

4. Membaca Berita Artikel

Anda bisa dapatkan uang dengan membaca berita atau artikel. 

Modal yang Anda butuhkan hanyalah HP dan koneksi internet untuk download aplikasi tertentu. 

Aplikasi yang bisa Anda download misalnya, Baca Plus, Kubik News, dan sejenisnya. Anda hanya perlu membaca artikel dan menjalankan beberapa misi. seperti login dan membaca berita setiap hari. 

Reward yang akan Anda terima bisa berupa poin yang dapat Anda tukarkan dengan uang atau pulsa. Hasil yang didapatkan dari cara ini memang tidak begitu besar. 

Namun, jika dilakukan setiap hari, hasilnya sangat cukup untuk tambahan penghasilan. Semakin banyak artikel yang dibaca, semakin banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan. 

5. Download Aplikasi HP

Banyak aplikasi di HP Android yang cukup menguntungkan untuk Anda. Salah satunya, Aplikasi Whaff.

Anda mendownload lalu selesaikan misi-misi yang tersedia. Beberapa misi yang dikerjakan misalnya mengunduh aplikasi, membaca artikel, bermain game, dan membagikan link kode referral. 

Jika berhasil menyelesaikan misi, Anda bisa mendapatkan reward. Reward yang Anda dapatkan berupa poin dan bisa Anda tukarkan dengan gift atau sejumlah uang. 

Selain aplikasi Whaff, ada beberapa aplikasi yang juga dapat menghasilkan uang. Namun, cek dan riset terlebih dahulu ya, sebab bisa jadi aplikasi tersebut adalah scam.  

6. Bisnis Online 

Anda bisa mendaftar di salah satu e-commerce untuk berjualan online. Tak punya modal untuk membeli produk? Anda bisa memakai sistem dropship. 

Selain memasarkan produk di e-commerce. Anda juga dapat memasarkan melalui Instagram shopping atau facebook e-commerce. Tak perlu modal yang banyak, Anda hanya membutuhkan perangkat ponsel Anda dan kemampuan social media marketing. 

Untuk produk yang sedang laris di pasaran misalnya, produk pakaian, makanan, dan produk kecantikan. Untuk lebih detail lagi, Anda bisa melakukan sedikit riset online. Bisa melalui Google Trends, Instagram, dan lainnya.  

7. Jasa Titip

Jika sedang bepergian ke daerah tertentu, Anda bisa membuka jasa titip pembelian barang tertentu kepada teman atau kolega. Misalnya, sedang pergi ke Bali, Anda bisa membuka jasa titip produk-produk di Bali seperti lulur Bali, pakaian khas Bali, dan lain sebagainya. 

Bisa mengambil untung dengan patokan harga tertentu atau persenan. Misalnya, setiap produk Anda bandrol keuntungan 10 ribu rupiah hingga 20 ribu rupiah. 

Bisa pula memakai sistem persenan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. 

Nah, untuk produk yang dari luar negeri, Anda perlu memperhatikan kebijakan bea cukai. Sebab biasanya bea cukai memberlakukan pajak untuk produk dari luar negeri. Anda bisa mengeceknya melalui website bea cukai. 

Untuk mempromosikan, Anda bisa mempromosikannya melalui media sosial. 

8. Reseller

Ada banyak produk online yang menyediakan program reseller. Misalnya, produk snack ringan, frozen food, produk fashion, dan lain sebagainya. 

Pilihlah produk yang memiliki kualitas dan harga terbaik. Sehingga Anda bisa menjual kembali dengan keuntungan yang lumayan. 

Bergabung dengan reseller akan lebih mudah karena beberapa produk telah memiliki image dan reputasi yang baik. Jadi Anda tak perlu susah-susah membangun branding dari nol. 

Anda hanya perlu memasarkan kembali produk reseller dan dapatkan keuntungannya. 

9. Dropshipper

Kalau belum memiliki banyak modal untuk membeli produk sendiri, Anda bisa menjadi dropshipper terlebih dahulu. 

Prinsip dropship adalah Anda menjual produk pihak lain (supplier) tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Anda bahkan bisa menjual dengan mengatasnamakan nama bisnis Anda sendiri. Nantinya, pengiriman barang akan dikirim oleh (supplier) langsung kepada pembeli. 

Meskipun keuntungannya tidak sebesar memiliki produk sendiri, tapi hasilnya tetap menjanjikan. bukan? 

Nah, berikut ini kami berikan sedikit tips untuk bisa sukses menjadi dropshipper. 

  1. pilih produk yang ramai pembeli 
  2. cari supplier reputasi yang baik 
  3. bandingkan harga antar supplier 
  4. tentukan tempat berjualan (website, media sosial, marketplace, dan lain sebagainya) 

Anda juga bisa bergabung dengan salah satu platform dropship yang memudahkan dalam memilih produk dropship.

Kemudahan lainnya adalah Anda bisa menjual produk-produk dropship di kanal e-commerce dan media sosial melalui HP Anda. 

10. Affiliate Marketing 

Program afiliasi atau affiliate marketing adalah pemasaran online dengan sistem bayaran komisi jika berhasil menjualkan produk atau layanan. Setiap produk yang berhasil dijual dengan kode kupon atau link referral, Anda akan mendapatkan komisi dari pemilik bisnis. 

Komisi yang diberikan beragam, mulai dari 10% hingga 80% dari harga produk.

Bergabung di program afiliasi juga sangatlah mudah. Anda hanya perlu mendaftar ke program afiliasi pilihan. 

Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan banner referral atau kode kupon. Posting banner tersebut di media sosial, blog, atau website Anda

Jika ada yang membeli menggunakan kode kupon Anda, komisi akan jadi milik Anda.

Semua langkah tersebut, bisa Anda lakukan melalui HP Anda. 

Jangan lupa lakukan riset produk dan program afiliasinya terlebih dahulu. Jangan hanya tergiur oleh komisi yang besar. Perhatikan pula bagaimana aturan setiap produk. 

11. Kursus WhatsApp 

Kursus online dan kuliah WhatsApp saat ini sangat digemari oleh banyak orang. Ditambah lagi kondisi pandemi membuat banyak orang lebih memilih ikut kelas online daripada seminar atau workshop secara offline. 

Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk membuat kelas yang banyak dicari. Misalnya tentang parenting, skill terkait pekerjaan, dan lain sebagainya. 

Tenang, Anda tak harus memberikan materi untuk kelas tersebut. Anda bisa mengundang pemateri yang kompeten dalam bidangnya. Sarana yang Anda pakai pun bisa melalui WhatsApp. 

Setelah mendapatkan pemateri, sekarang tinggal mempromosikan kelas Anda. Nah, untuk lebih mudahnya, Anda bisa mendaftarkan kelas online Anda melalui platform kursus online, seperti Kursusku.id.

12. Akun Media Sosial

Anda juga bisa memelihara banyak akun media sosial. Misalnya buat beberapa akun media sosial Instagram. 

Optimasi akun tersebut dengan baik. Caranya yaitu: 

  • buat konten yang menarik 
  • follow beberapa akun public figure 
  • tingkatkan follower akun 

Setelah akun memiliki banyak followers, Anda bisa menjual akun tersebut. Beberapa pemilik bisnis biasanya mencari akun yang telah memiliki banyak followers. Pemilik bisnis tinggal mengganti username, profil, dan konten-konten yang telah diposting sebelumnya. 

Anda bisa melakukan semua ini hanya melalui ponsel pintar. Tnggal pandai-pandai memanajemen akun-akun media sosial tersebut. 

13. Hasil Foto 

HP zaman sekarang telah memiliki kualitas kamera yang tak kalah keren dengan kamera digital. Bahkan, beberapa kamera HP terkini memiliki kualitas yang lebih baik. 

Nah, kalau hobi memfoto suatu objek, Anda bisa menjual hasil foto tersebut dengan harga yang pantas. 

Anda dapat menguploadnya di situs upload foto seperti Shutterstock dan Twenty20. Selain itu, ada pula platform lain seperti 500px.   

Dengan perangkat smartphone, Anda bisa mempromosikan hasil karya Anda melalui media sosial yang Anda miliki. 

14. Jasa Penerjemah 

Punya kemampuan bahasa asing yang bagus? 

Anda bisa mendaftarkan diri pada platform translate dan transkrip film. Misalnya, TranscribeMe dan Rev. 

Selain itu, juga bisa memasarkan jasa terjemahan di media sosial Anda untuk menjangkau lebih banyak orang. Untuk hal ini, yang Anda butuhkan hanyalah skill menerjemahkan dan perangkat ponsel untuk memasarkan jasa Anda. 

15. Panel Survey Online 

Cara mudah lainnya untuk mendapatkan uang HP adalah dengan mengisi survey online.

Cara ini sangatlah mudah, sebab yang perlu Anda lakukan hanyalah menjawab pertanyaan atau survei yang diberikan. Kemudian Anda bisa mendapatkan hasil komisi. 

Biasanya, sistem komisi yang diberikan dapat berupa poin yang bisa ditukarkan dengan uang, pulsa, atau voucher.  

Beberapa perusahaan saat ini sangat membutuhkan survey online yang perlu diisi oleh banyak orang. Biasanya mereka mendaftarkan surveynya dalam platform survey online di Indonesia, misalnya SurveyOn, YouGov Indonesia dan lain sebagainya.  

Jika bisa sering-sering mengisi survey online yang tersedia, Anda bisa lebih banyak mendapatkan reward untuk ditukarkan dengan uang, pulsa, atau voucher.

16. Jadi Buzzer 

Buzzer dalam bahasa inggris artinya adalah lonceng atau alarm. Nah, dalam media sosial, buzzer merupakan orang-orang yang mempromosikan sesuatu, baik orang, produk, atau layanan untuk dipilih atau dipakai oleh banyak orang. 

Nak, menjadi buzzer ini tak harus memiliki banyak followers seperti influencer. Beberapa produk, layanan, atau kandidat calon pejabat biasanya mencari buzzer untuk memviralkan atau meramaikan promo mereka. 

Nah, Anda bisa membidik para tokoh atau produk tertentu untuk turut meramaikan promo. Tak heran, bayaran menjadi buzzer ini lumayan untuk bekal harian Anda. 

17. Kuis dan Giveaway 

Dengan Smartphone, Anda bisa berburu kuis dan giveaway yang menguntungkan. Akhir-akhir ini banyak giveaway yang diadakan dengan hadiah yang lumayan fantastis. Mulai dari produk tertentu, uang tunai, voucher belanja, alat elektronik, motor, hingga mobil. 

Anda hanya perlu aktif menjawab pertanyaan dan perbanyak peluang mendapatkan hadiah. Namun, Anda perlu berhati-hati terhadap penipuan. Teliti lah dalam mengikuti kuis atau giveaway. 

Jika Anda beruntung, hadiah pun bisa Anda dapatkan. Untuk peluangnya sendiri sebenarnya tak dapat diprediksi. Namun, semakin banyak dan sering Anda mengikuti program kuis dan giveaway semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan hadiah. 

18. Food Vlogger 

Gemar kulineran? Kenapa tak menjadikannya sebuah konten di media sosial saja? Anda bisa memberikan review dari makanan yang baru Anda coba. Review beberapa makanan yang sedang viral atau memang sangat menarik untuk dinikmati banyak orang. 

Anda bisa membuat akun khusus review makanan atau review tempat makan. Dengan seringnya Anda mereview makanan, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan endorse dari beberapa produk makanan. Anda akan dibayar untuk mencicipi produk makanan yang mereka jual. 

Dengan HP Anda, Anda bisa merekam sekaligus menguploadnya ke media sosial Anda. Beberapa food vlogger yang eksis di media sosial misalnya, Farida Nurhan, Nanakoot, dan lain sebagainya. 

19. Beauty Vlogger 

Anda bisa membuat akun khusus review produk kecantikan di media sosial Instagram. Jika Anda senang menggunakan produk-produk kecantikan, Anda bisa menjadikannya konten di media sosial Instagram Anda. 

Membagikan review produk kecantikan dapat sangat bermanfaat bagi beberapa orang yang ingin menggunakan suatu produk. 

Nah, jika Anda bisa konsisten membuat konten yang menarik, Anda bisa mendapatkan endorse dari beberapa produk untuk direview. 

20. Membuat Podcast

Membuat podcast. Menurut riset, lebih dari 80 persen pengguna internet pasti mendengarkan podcast. Hampir 50 persennya mendengarkan melalui Spotify.

Dulu, podcast populer didengarkan melalui platform Apple, yaitu Apple Podcast. Saat ini, podcast populer didengarkan melalui Spotify bahkan ada pula yang melalui YouTube. 

Dengan bermodalkan HP, Anda sudah bisa membuat sebuah podcast loh. Anda hanya perlu merekam monolog atau obrolan Anda dengan rekan Anda. 

Topik yang paling populer diminati adalah topik hiburan, kemudian disusul dengan topik lifestyle. 

Pundi-pundi penghasilan yang didapatkan dari Podcast pun beragam, Anda bisa mendapatkan uang dari endorse atau sponsor Anda. Biasanya beberapa produk juga menggunakan produk untuk strategi promosi mereka. 

21. Freelancer 

Tertarik menawarkan jasa secara lepas waktu? 

Misalnya menawarkan jasa input data, content writing, atau desain. Menjadi freelance terbilang menarik untuk dicoba. Anda bisa bekerja secara fleksibel dan dari mana saja. 

Untuk lebih cepat mendapatkan project, Anda dapat bergabung dengan beberapa platform freelance, misalnya Projects.co.id, Upwork, Sribulancer, dan lain sebagainya. 

Tentu saja Anda dapat mendaftarkan diri Anda melalui smartphone Anda. Jangan lupa untuk menyisipkan portofolio supaya client dapat melihat karya Anda dan lebih cepat mendapatkan project. 

22. Jual Barang Preloved Online

Punya barang yang sudah tak terpakai tapi masih layak pakai? Misalnya pakaian, sepatu, produk skincare, make up, atau buku-buku Anda. Coba jual kembali atau dipreloved. 

Anda dapat menjualnya melalui beberapa platform preloved, seperti Carousel, OLX, Tokopedia, dan lain sebagainya. 

Karena barang yang Anda jual merupakan barang bekas, tentu saja harganya akan lebih murah dari harga ketika membelinya. Namun, setidaknya dari produk tak terpakai tersebut, Anda bisa mendapatkan keuntungan. 

Coba juga pasarkan di akun Instagram atau Facebook Anda. Jika dalam beberapa hari belum ada yang menawar produk Anda, terapkan penurunan harga secara berkala. 

Tips Bisnis Online

Beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan ketika melakukan bisnis online.

1. Lakukan Bukan Uang

Ungkapan ini terdengar klasik, bahkan membosankan. “Lakukan bukan karena uang”.

Tetapi, percayalah, ini kunci untuk berhasil di blogging.

Blogging bukan proses yang instan. Butuh waktu, butuh konsistensi, apalagi jika ingin mendapatkan uang dari blog.

Untuk bisa bertahan, kita butuh alasan kuat. Butuh motivasi yang selalu membara untuk bisa menulis blog secara konsisten.

Salah satu cara yang paling efektif menurut saya adalah melakukan sesuatu yang memang kita sukai, kita cintai. 

Bukan semata karena uang.

Karena kalau uang motivasinya, begitu tidak menghasilkan, kita akan berhenti menulis blog.

Kalau melakukan sesuatu yang kita sukai, kita tidak pernah merasa lelah atau bosan dan menyerah. Kita akan terus melakukannya, menghasilkan uang atau tidak.

Jadi, kunci pertama berhasil dalam mendapatkan penghasilan dari blog adalah menuliskan sesuatu yang memang kita sukai.

2. Content is the King !

Anda adalah content creator. Membuat konten untuk menarik pemirsa.

Karena itu, konten menjadi segalanya, Content is king !

Tanpa konten, Anda ibaratnya sayur tanpa garam, basi, tidak menarik. Jadi, fokus Anda adalah membuat konten terbaik.

Kenapa disebut konten, bukan tulisan atau video ? Karena varian konten itu luas, bukan hanya tulisan kalau di blog tetapi juga infographic, gambar, video dan lain-lainnya.

Ketika berpikir ingin menghasilkan uang di internet, hal pertama yang Anda harus pikirkan, bukan berapa uang yang bisa dihasilkan, tetapi konten terbaik apa yang bisa dihasilkan dan didelivery kepada pemirsa di blog Anda.

Konten yang baik akan dengan sendirinya menarik pengunjung yang pada saatnya nanti bisa menghasilkan uang dari pengunjung.

3. Fokus Niche Konten

Karena konten penting, pertanyaan selanjutnya mau nulis apa.

Mau buat konten apa ?

Ada dua hal yang bisa Anda pertimbangkan.

Pertama, tulis sesuatu yang Anda sukai dan kuasai. Kalau tidak bisa keduanya, mulai dengan yang Anda sukai, lalu pelajari agar menguasai.

Mengerjakan sesuatu yang kita sukai pasti kita akan lakukan dengan senang dan tidak kenal lelah. Lebih mudah menjadi expert-nya jika fokus pada bidang yang kita sukai, sementara expertise itu penting di dunia online yang banjir konten seperti saat ini.

Kedua, bangun niche konten, yang fokus pada topik – topik tertentu secara mendalam.

Sebaiknya, jangan buat konten ‘gado-gado’ karena lebih menguntungkan buat konten niche.

Keuntungan membuat niche konten adalah:

  • Fokus. Niche blog membuat lebih fokus pada topik tertentu, tidak meluas ke berbagai topik, sehingga membuat Anda lebih konsisten dalam menulis blog. 
  • Expert. Dengan niche blog, Anda bisa dikenal sebagai ahli pada topik tertentu dan dijadikan referensi banyak orang.
  • Meningkatkan CTR iklan. Iklan yang relevan dengan niche blog akan lebih banyak diklik oleh pengunjung sehingga Anda akan mendapatkan bayaran iklan lebih banyak.
  • Persaingan. Dalam niche konten, persaingan tidak seketat topik yang lebih luas. 

4. Butuh Waktu, Ini Maraton

Belum ini, saya menonton sharing di salah satu channel YouTube yang menceritakan perjalanan penghasilan channel tersebut dari iklan Adsense.

Channel tersebut saya sering ikuti karena isinya kontennya sangat menarik. Memberikan perspektif baru.

Disebutkan bahwa butuh lebih dari 4 bulan sejak channel dibuat sampai bisa memberikan penghasilan.

Setelah memperoleh penghasilan pun jumlahnya kecil sekali. Saya hitung penghasilan dalam 4 bulan tersebut, tidak akan cukup menghidupi channel.

Baru setelah 6 bulan, penghasilannya lumayan meningkat.

Blogger-blogger sukses yang saya tahu, kebanyakan juga sudah blogging selama bertahun-tahun, sebelum akhirnya mereka bisa menghasilkan uang dari blognya.

Blogging membutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk belajar terus sampai bisa menjadikan blog atau channelnya sebagai sumber penghasilan.

Kenapa butuh proses ?

Pertama, persaingan di dunia konten ini ketat, apalagi untuk menghasilkan monetisasi, sangat ketat. Ada ribuan channel dan blog baru setiap hari yang muncul sebagai pesaing.

Untuk bisa muncul dan dikenal, perlu konsistensi dalam berkarya. Itu semua butuh waktu dan usaha.

Kedua, algoritma Google, yang menjadi faktor penting untuk sebuah channel bisa dikenal lewat SEO, condong memberikan apresiasi ke blog atau channel yang sudah berjalan beberapa waktu.

Ada proses yang harus dilalui dalam membangun SEO. Dan proses tersebut tidak cepat.

Butuh kesabaran dan konsistensi agar dikenal oleh algoritma Google.

Ketiga, keinginan untuk untung cepat membuat orang sering melakukan cara – cara yang melanggar ketentuan, manipulatif. Akibatnya, meskipun penghasilannya besar, tetapi cepat juga ditutup akunnya oleh platform karena melanggar aturan.

Anda bisa baca – baca di forum atau Googling bagaimana orang yang kena banned, akunnya ditutup, setelah melakukan pelanggaran.

Jadi, proses mendapatkan penghasilan dari blog, bukan lari cepat tetapi maraton.

5. Analytic Data

Salah satu keuntungan di dunia online adalah banyak hal bisa di tracking. Semuanya jadi bisa dianalisis dan diukur.

Dan banyak tools untuk menganalisa yang gratis. Tinggal diunduh, langsung bisa digunakan, tanpa biaya.

Kenapa perlu melakukan analisa ?

Pertama, perkembangan pengunjung secara rutin dari waktu ke waktu. Bahkan jumlah pengunjung secara real-time bisa diketahui.

Kedua, sumber traffic. Dari mana datangnya traffic, mana yang paling banyak, sehingga bisa fokus ke sumber traffic utama.

Ketiga, artikel atau video terbaik yang paling banyak dilihat atau dibaca, mana yang tidak mendatangkan pengunjung sama sekali. Penting untuk masukkan dalam menulis artikel atau membuat video.

Beberapa tools gratis yang bisa digunakan adalah:

  • Google Analytics untuk menganalisa pengunjung di blog, mengetahui bagaimana kinerja situs.
  • Adsense Analytics untuk menganalisa kinerja iklan dari waktu ke waktu dengan berbagai metric penting
  • Google Search Console untuk melihat blog dari aspek SEO, seperti error, riset kata kunci. Karena sumber traffic terbesar dari mesin pencari, penguasaan Search Console penting.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dengan HP Anda. Ada banyak, bukan? 

Pilihlah yang paling sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda. Manfaatkan beberapa platform dan media sosial yang mendukung skill Anda. 

Semoga sukses, selamat mencoba! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *